Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions

Hajar Shakhtar, Barcelona Selangkah ke Semifinal
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 07-04-2011 | 09:16 WIB

Barcelona, batamtoday - Barcelona menapakkan separuh kakinya ke Semifinal Liga Champions. Azzulgrana berpesta gol ke gawang Shakhtar Donetsk 5-1 dalam partai leg perempat-final Liga Champions, Kamis, 7 April 2011 di Stadion Camp Nou.

Kelima gol kemenangan Barcelona dicetak lima pemain mereka yakni melalui gol Xavi, Andres Iniesta, Gerard Pique, Dani Alves, Seydou Keita. Sementara satu gol dari Shakhtar dikemas Yaroslav Rakitskiy. Menariknya penggedor ulung Lionel Messi dan David Villa tidak ikut menyumbangkan gol mereka dalam kemenangan tim asal Cataluna ini.

Kemenangan besar ini sedikit banyak sudah melapangkan jalan Barca ke empat besar, tetapi segalanya memang baru ditentukan ketika perjumpaan kedua di kandang Shakhtar.

Anak sauh Pep Guardiola tidak membutuhkan waktu lama untuk membuka pesta gol mereka. Di menit dua, Iniesta ciamik. Aksi striker Lionel Messi diteruskan oleh tendangan sang gelandang, bola pun tanpa bisa dicegah kiper lawan. 1-0 Barca memimpin.

Setengah jam kemudian, tepatnya pada menit 34 sang pencetak gol pertama yang menjadi kreator terciptanya gol kedua. Menerima umpan tembusan Iniesta, Dani Alves mengoptimalkannya dengan sempurna lewat tendangan jarak dekat. Kedudukan 2-0 pun tidak bertambah lagi sampai kedua tim jeda minum.

Usai jeda, tepatnya pada menit ke-53, aksi Pique membuat namanya masuk dalam papan skor. Diservis oleh Xavi via crossing-nya, sang bek melanjutkan bola untuk diarahkannya ke gawang lawan. 3-0 buat Barca.

Tim tamu sempat memperkecil ketinggalan pada menit 60, Rakitskiy memperkecil ketinggalan berkat aksinya. Diawali dari aksi Darijo Srna yang memberikan assist, Rakitskiy menuntaskan dengan sempurna tanpa bisa dihalau Victor Valdes.

Bukannya bersemangat setelah menodai gawang Valdes, gawang Shakhtar malah kembali kebobolan untuk kali keempat. Seydou keita, menyongsong umpan yang diberikan Lionel Messi, sukses menggetarkan gawang yang dikawal Andriy Pyatov.

Shakhtar kian merana ketika Xavi melengkapi pesta gol pasukan Pep Guardiola. Dengan mudah saja, si pengatur serangan itu menyontek bola hasil kiriman Dani Alves. Sampai pluit panjang berbunyi, skor 5-1 membekas.

Susunan pemain:

Barcelona: 1-Victor Valdes; 2-Daniel Alves, 3-Gerard Pique, 16-Sergio Busquets, 21-Adriano Correia (Maxwell 77'); 14-Javier Mascherano, 6-Xavi, 15-Seydou Keita; 8-Andres Iniesta, 10-Lionel Messi, 7-David Villa (Pedro 70').

Shakhtar: 30-Andriy Pyatov; 33-Darijo Srna, 32-Mykola Ishchenko, 44-Yaroslav Rakitskiy, 26-Razvan Rat; 3-Tomas Hubschman (Eduardo 83'); 20-Douglas Costa, 8-Jadson (Fernandinho 69'), 10-Willian (Alex Teixeira 75'); 22-Henrik Mkhitaryan, 9-Luiz Adriano.

Hasil pertandingan lain:

Chelsea 0-1 Manchester United