Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gandeng Bank Riau, Pemko Batam Luncurkan KPE
Oleh : Batamtoday
Jum'at | 08-10-2010 | 05:55 WIB

BATAM-Para tamu undangan yang hadir saat launching Kartu Pegawai Elektronik (KPE) serentak bersorak dan bertepuk tangan saat mendengar sambutan dari direktu Konsumer dan Mikro Bank Riau Kepri, yang menyampaikan bahwa KPE yang akan di gunakan oleh seluruh PNS di Batam akan mempermudah pegawai mendapatkan pinjaman tanpa agunan di Bank Riau Kepri dengan plafond maksimal Rp 200 juta.

Launching serta penerapan KPE yang dilaksanakan di Hotel Panorama Regency, Batam pada akhir September lalu,  dihadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat Edi Topo, Walikota Dumai Ahmad Dahlan, Kepala BKD Kota Batam Firmansyah, unsur Muspida kota Batam, para Kepala Badan serta Dinas dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Edi Topo mengatakan bahwa “Penerbitan KPE ini merupakan program nasional dan saat ini telah diterbitkan 125 ribu kartu untuk PNS untuk kebutuhan sepuluh propinsi dan kota di Indonesia”. Saat ini KPE juga telah di berlakukan di beberapa propinsi seperti DKI Jakarta, Nangroe Aceh Darusalam, Jogjakarta, kota Jayapura, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat dan Banten.

Total KPE yang dibutuhkan secara keselurahan adalah sekitar 4,7 juta kartu bagi seluruh PNs di Indonesia. Selain menggandeng Bank Nasional, BKN juga menggandeng Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA) untuk program ini termasuk Bank Riau Kepri untuk kebutuhan PNS di Riau dan Kepulauan Riau.

Sebelumnya Direktur Konsumer dan Mikro Bank Riau Kepri Ruslan Malik saat sambutannya mengatakan bahwa Bank Riau Kepri telah menambahkan fitur-fitur layanan perbakan yang dimiliki oleh Bank Riau Kepri sehingga nantinya dapat dinikmati oleh PNS di Kota Batam. Fitur yang diberikan antara lain berfungsi sebagai Kartu ATM untuk bisa bertransaksi keuangan di ATM Bank Riau Kepri, ATM Bersama, ATM Malaysia Electronic Payment System (MEPS) dan ATM Prima dengan berbagai fasilitas menu. Selain itu juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran tagihan Telepon, Listrik, Air dan Merchant, alat untuk mempermudah mendapatkan pinjaman tanpa agunan di Bank Riau Kepri dengan plafond maksimal Rp 200 juta dan layanan perbankan lainnya.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengharapkan dengan adanya KPE ini akan semakin mempermudah akses data dan pelayanan perbankan bagi para PNS di kota Batam. Beliau juga berharap PNS dapat memanfaatkan keberadaan KPE secara maksimal dalam menjalankan tugasnya.

Setelah penyerahan KPE secara simbolis dari Ruslan Malik kepada Ahmad dahlan yang di saksikan oleh Edi Topo, selanjutnya di laksanakan simulasi penggunaan KPE secara live di oleh Kadis Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin dan Kadis Infokom Kota Batam Raja Muchsin dengan menggunakan ATM yang telah di siapkan Bank Riau Kepri di ruangan acara. Dengan memasukan KPE keduanya bisa menarik uang di ATM tersebut dan bisa melakukan transaksi perbankan lainnya.

Untuk kota Batam Bank Riau Kepri telah menyiapkan KPE sebanyak empat ribu kartu dan untuk tahap pertama telah di siapkan sebanyak 1.500 lembar kartu. PNS Kota Batam bisa menggunakan kartu tersebut di seluruh jaringan kantor dan jaringan ATM Bank Riau Kepri di Batam serta daerah lainnya di Riau dan Kepulauan Riau. (btd/rls)