Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gedung Hemat Energi Bikin Hoki
Oleh : Dodo
Rabu | 29-05-2013 | 09:33 WIB
san_fransisco.jpg Honda-Batam
Sudut San Fransisco City.

SAN FRANSISCO - Penduduk Amerika Serikat menghabiskan $432 miliar per tahun untuk membayar biaya energi bangunan rumah, toko dan kantor mereka. Biaya ini setara dengan biaya asuransi kesehatan yang harus dibayar oleh semua perusahaan di AS.

Penelitian terbaru dari United Technologies Corporation bekerja sama dengan Rhodium Group mengungkapkan, jika pemerintah, pebisnis dan rumah tangga mau menghemat energi menggunakan desain dan teknologi yang ada saat ini, mereka akan mampu menghemat biaya hingga $65 miliar per tahun. Kedua lembaga ini meneliti dampak dari target efisiensi energi bangunan di Amerika Serikat sebesar 30 persen hingga 2030.

Menggunakan bahasa finansial perusahaan, penghematan energi bangunan sebesar 30% ini juga akan mampu meningkatnya imbal hasil internal atau internal rate of return (IRR) sebesar 28,6% dalam waktu 10 tahun.

Imbal hasil ini lebih tinggi empat kali lipat jika dibanding imbal hasil surat berharga seperti obligasi atau imbal hasil rata-rata saham, dan dua kali lipat lebih banyak dibanding keuntungan yang dinikmati oleh perusahaan modal ventura (venture capital firms).

Hal ini karena harga rancangan dan teknologi efisiensi energi yang ada saat ini sudah bersaing dengan harga produk konvensional. Manfaat lain, teknologi efisiensi modern mampu menghemat biaya energi secara signifikan.

Apalagi ditambah dengan ancaman peningkatan harga energi. Menghemat energi pada bangunan hingga 30% bisa mengurangi biaya energi rumah tangga hingga $163 per tahun. Jika penggunaan energi pada rumah tangga dan bisnis digabung, manfaat dari peningkatan efisiensi ini bisa mencapai $466 per tahun.

Penghematan itu dua kali lipat biaya yang dikeluarkan ibu-ibu untuk membeli sayuran segar. Angka itu juga lebih banyak dibandingkan biaya untuk membeli peralatan rumah tangga, furnitur, pakaian anak-anak, dan setara dengan biaya yang dikeluarkan untuk membeli obat-obatan baik obat resep maupun obat yang dijual bebas.

Pemerintah federal, pemerintah negara bagian dan pemerintah lokal di AS menghabiskan lebih dari $50 miliar per tahun untuk biaya energi. Jika mereka mampu menghemat energi pada gedung-gedung pemerintah sebesar 30 persen, AS akan mampu menghemat hingga $8 miliar per tahun yang bisa digunakan untuk menyeimbangkan anggaran sekaligus memotong pajak.

Di seluruh dunia, upaya penghematan energi pada bangunan bisa menciptakan pasar desain dan teknologi bangunan hemat energi senilai $1.8 triliun. Investasi pada teknologi penghemat energi ini juga akan membuat perusahaan manapun lebih kompetitif. Mari memerbanyak gedung yang hemat energi.

Sumber: hijauku.com