Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Menyimpan Buah dan Sayuran Agar Tetap Segar
Oleh : Dodo
Rabu | 22-05-2013 | 11:32 WIB

BATAM - Baru beberapa hari dibeli, buah dan sayuran ternyata sudah busuk. Hal ini bisa terjadi karena penempatan dan cara penyimpanan yang salah. Beberapa buah dan sayuran ternyata tidak boleh dicuci atau justru harus dibungkus sebelum disimpan.

Hindari menaruh buah dan sayuran di dekat bahan makanan yang melepaskan ethylene karena memicu pematangan lebih cepat sehingga cepat busuk. Untuk menghindari bahan makanan terbuang percuma, Anda bisa menyimak tips yang direkomendasikan oleh Prevention (21/05/2013).

1. Telur

Sebaiknya simpan telur dalam kemasan aslinya yang biasanya berbentuk karton atau plastik di rak kulkas. Hal ini akan memperpanjang umur telur tiga hingga empat minggu setelah tanggal kadaluarasa. Jangan taruh telur di bagian pintu kulkas yang rentan pada perubahan suhu.

2. Tomat

Matangkan tomat dengan suhu ruangan terlebih dahulu, karena temperatur dingin menghentikan warna, rasa, dan perkembangan nutrisi. Saat sudah matang dengan warna merah terang taruh dalam kulkas. Hindari menaruh tomat dekat sayuran lain karena tomat mengandung ethylene. 

3. Susu

Usahakan mengambil susu sesaat sebelum mengantri di kasir untuk minimalisir waktu susu tidak dalam keadaan dingin. Untuk menjaga nutrisi didalamnya, langsung taruh susu di bagian dalam belakang kulkas, dimana suhu terdingin konstan ada di bagian tersebut. 

4. Semangka

Matangkan semangka dalam suhu ruangan untuk meningkatkan kandungan lycopene dan beta karoten. Masukkan ke dalam kulkas beberapa saat sebelum disajikan. Pastikan tidak berdekatan dengan buah lainnya karena semangka gampang rusak oleh ethylene.

5. Jamur

Bungkus jamur tanpa dicuci dengen kertas dalam kulkas untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Bungkus kertas dapat mencegah dehidrasi pada jamur. Cuci jamur saat ingin dimasak saja, karena jika dicuci sebelum disimpan akan cepat busuk.

6. Apel

Untuk menjaga kelembapan apel, simpan apel dalam kantung plastik di kulkas. Untuk menyimpan potongan apel, perciki dengan air lemon atau rendam air garam untuk menghindari warnanya jadi cokelat. Jauhkan apel dari sayuran karena pelepasan kandungan ethylene nya bisa merusak sayuran. 

Sumber: food.detik.com