Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demo May Day di Karimun Berakhir di Rumah Makan Padang
Oleh : Khoiruddin Nasution
Rabu | 01-05-2013 | 17:22 WIB

KARIMUN, batamtoday  - Ratusan buruh yang tergabung di Serikat Pekerja Aneka Industri-Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPAI-FSPMI) Kabupaten Karimun melakukan aksi unjuk rasa. Aksi tersebut dalam rangka peringatan Hari Buruh se-Dunia (May Day) tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (1/5/2013).

Awalnya, para pendemo yang berasal dari 7 perusahaan tersebut, berkumpul di Stadion Sepak Bola Badang Perkasa Karimun. Setelah dirasa lengkap, para pendemo yang sebagian menggunakan motor dan menggunakan bus, kemudian melakukan konvoi menuju Gedung DPRD Karimun. Di sana para pendemo disambut Ketua DPRD Karimun, Raja Bakhtiar.

Setelah puas meluapkan orasinya, para pendemo kembali melakukan konvoi keliling di jalanan Karimun dan berakhir di Kantor Bupati Karimun sekitar pukul 11.00 WIB dan disambut langsung oleh Bupati Karimun, Nurdin Basirun bersama unsur FKPD lainya, Plt Sekda Syamsuardi serta Kadisnaker Kabupaten Karimun, Ruffindi Alamsyah.

Saat ditemui, Ketua SPAI-FSPMI Kabupaten Karimun, Muhamad Fajar mengatakan beberapa hal penting yang disampaikan dalam unjuk rasa ini. Diantaranya, setiap tanggal 1 Mei merupakan hari libur bagi para buruh. Kemudian pemerataan jaminan kesehatan. Lalu jaminan pensiun dan terakhir menghapus sistem outsourscing.

Selain itu Fajar juga meminta agar direvisi Perpres No 12 tahun 2013 tentang jaminan kesehatan (Jamkes) dan PP No 101 tahun 2012 tentang PBI.

"Jaminan Kesehatan bagi buruh, dapat diterapkan dalam semua jenis penyakit tanpa ada batasan yang diberlakukan per 1 Januari 2014," tegasnya.

Menanggapi hal itu, Nurdin mengatakan, yang menjadi permintaan ataupun harapan buruh pada unjuk rasa ini, akan diajukan ke Pusat. Sebab, di tingkat kabupaten, hanya bisa menerima dan menampung aspirasi yang disampaikan.

"Sewaktu buruh konvoi berkendaraan keliling, saya mengikuti dari belakang, jadi saya lihat konvoi berlangsung dengan aman dan tertib dan menjunjung tinggi peraturan lalu lintas yang berlaku," ujarnya.

Untuk itu, Bupati mengucapkan terima kasih dan berjanji akan meneruskan apa yang menjadi tuntutan para buruh tadi, sembari menyuruh para buruh yang melakukan aksi, untuk makan ke Rumah Makan Minang Jaya yang terletak berseberangan dengan kantor Bupati Karimun.

Editor: Dodo