Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati May Day, Mukakuning Lautan Buruh
Oleh : Gokli Nainggolan
Rabu | 01-05-2013 | 08:33 WIB
Mayday-1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ribuan buruh Batamindo dan Panbil telihat tumpah ruah ke jalan.

BATAM, batamtoday - Ribuan buruh pekerja dari kawasan industri di daerah Mukakuning turun ke jalan memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day. Para buruh terlihat masih berkonsentrasi di simpang Panbil Mall dan di depan lokasi Industri Panbil, Rabu (1/5/2013) pagi.

Ribuan buruh yang turun ke jalan merupakan konsolidasi dari tiga serikat pekerja di Batam, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), dan Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI).

Panglima Koordinator (Pangkorda) Garda Metal, Suprapto, mengatakan, aksi buruh turun ke jalan untuk memperingati hari buruh se-dunia.

"Dalam kesempatan May Day ini, ada lima poin pokok tuntutan buruh yakni, meminta pemerintah memberikan Jaminan Kesehatan Seumur Hidup, Menolak Kenaikan Harga BBM, Tolak Upah Murah, Hapur Outsorurcing dan Menolak UU Kamnas dan Ormas," ungkap Suprapto.

"Buruh turun ke jalan untuk memperjuangkan hak-haknya yang selama ini tertindas oleh kaum kapitalisme," tambahnya.

Adapun aksi turun ke jalan dilakukan dari empat penjuru lokasi industri di Batam yang akan berkumpun di Kantor Wali Kota Batam menyampaikan aspirasinya. Aksi ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai.

Editor: Dodo