Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

May Day, Hari Ini Harinya Buruh
Oleh : Tim Batamtoday
Rabu | 01-05-2013 | 08:12 WIB

BATAM, batamtoday - Puluhan ribu buruh di Batam, Kepulauan Riau hari ini dipastikan turun ke jalan merayakan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada tanggal satu di bulan kelima setiap tahunnya. Ya, hari ini menjadi harinya para kaum buruh

Sejak pagi tadi, para buruh dari berbagai serikat, seperti SPSI, FSPMI, dan SBSI sudah mulai berkumpul di setiap sudut kawasan industri.

Mukakuning, Batam Centre, Kabil, Sekupang, Batuampar dan Tanjunguncang menjadi titik kumpul para kelas pekerja ini sebelum bergerak menuju titik sentral, Kantor Wali Kota Batam di Engku Putri.

Lagi-lagi, isu yang mereka teriakkan tetap sama yakni menuntut Pemerintah memberikan Jaminan Kesehatan Seumur Hidup, Menolak Kenaikan Harga BBM, Tolak Upah Murah, Hapur Outsourcing dan Menolak UU Kamnas dan Ormas.

"Buruh turun ke jalan untuk memperjuangkan hak-haknya yang selama ini tertindas oleh kaum kapitalisme," kata Panglima Koordinator (Pangkorda) Garda Metal, Suprapto.

Isu-isu tersebut terus menerus mereka dengungkan karena pemerintah sering menjadikan buruh hanya sebagai alat, terlebih saat ini yang sudah memasuki tahun politik, jelang digelarnya Pemilu tahun depan.

Meski pemerintah menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional, buruh di Batam tetap akan menggelar demo untuk memperjuangkan hak buruh yang selama ini masih dikebiri.

"Walaupun tanggal 1 libur resmi, kita tetap turun untuk memperjuangkan hak-hak kaum buruh yang terkekang," tegasnya.

Sementara, dari aparat keamanan sendiri sudah berjibaku. Seolah tak mau kecolongan dengan "Tragedi November 2011". ribuan personil pun diturunkan.

AKBP Hartono, Kabid Humas Polda Kepri mengatakan, polisi dibantu oleh TNI serta instansi terkait lainnya melaksanakan pengamanan May Day untuk dapat mencegah dan menanggulangi terjadinya tindakan anarkis di seluruh wilayah Kepulauan Riau.

"Pengamanan dilakukan secara secara terpadu, profesional dan proporsional dengan mengedepankan kegiatan pengamanan serta penegakan hukum secara tegas dan terukur sesuai peraturan perundangan yang berlaku dan didukung dengan kegiatan deteksi, preemtiv dan preventiv guna menciptakan stabilitas kamtibmas yang kondusif," kata Hartono.

Meski demikian, diprediksi perayaan May Day kali ini akan berlangsung aman dan kondusif. Hal itu ditandai dengan jaminan yang diberikan sejumlah elit serikat buruh di Batam kepada pemangku keamanan.

Selamat Hari Buruh. Get up, stand up for your rights...

Editor: Dodo