Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Xcelent One, Racik Oleh-oleh Khas Batam Berbasis PKK
Oleh : Sherlyna
Sabtu | 27-04-2013 | 16:14 WIB
xcelent-one-batam.jpg Honda-Batam
Dewi Nilam Sari saat mengerjakan berbagai pesanan oleh-oleh khas Batam di workshopnya bersama ibu-ibu PKK Perum Bambu Kuning.

BATAM, batamtoday - Organisasi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga di salah satu perumahan di Batuaji mencoba membidik sektor ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Mereka mengembangkan jenis usaha yakni membuat oleh-oleh khas Batam.

Dewi Nilam Sari, penggerak PKK di Perum Bambu Kuning, Kelurahan Bukit Tempayan, menggalang sejumlah ibu-ibu di perumahan tersebut untuk membuat satu usaha oleh-oleh khas Batam berupa penganan dengan harga yang sangat terjangkau.

"Awalnya ide ini timbul saat saya dan teman-teman  iseng-saat ngobrol bersama ibu-ibu arisan, saat itu kami ingin menciptakan menu-menu khas Batam berupa makanan ringan dan kue-kue basah, dan awalnya modal yang kami gunakan modal sendiri,namun berkat dana bergulir yang kami dapat dari pemerintah sehingga usaha ini dapat dikembangkan," kata Dewi Nilam Sari atau yang akrab dipanggil Lala, Sabtu (27/4/2013).

Kue-kue basah dan makanan ringan seperti keripik diciptakan dengan berbagai jenis bentuk dan rasa yang dapat dinikmati dimana saja. Bahkan kelompok ibu-ibu arisan ini juga membuka catering yang harganya cukup murah yaitu cetering harian hanya Rp 15-25 ribu.

Selain menyediakan berbagai macam masakan menu Nusantara dan cemilan, mereka juga menyediakan berbagai souvenir yang cantik, yang terbuat dari berbagai bahan-bahan sederhana, dan menjadi aksesoris khas Batam.

"Sekarang kami sudah banyak menerima pesanan dengan skala besar maupun skala kecil. Kami yakin kalau dijalani dengan kerjasama dan sabar usaha ini akan bisa berkembang, tidak hanya dikenal di Batam tapi juga di Kepri dan Nusantara," kata Lala yakin.

Bagi pesanan dengan part besar konsumen juga berkesempatan mendapatkan diskon spesial. Untuk kualitas tidak perlu khawatir karena dijamin bersih dan hala serta bergizi. Bahkan bagi masyarakat yang ingin ikut bergabung dibuka kesempatan untuk sama-sama meningkatkan usaha rumahan tersebut.

Untuk informasi pemesanan, silakan kunjungi Perum Bambu Kuning Blok A4/15 Kelurahan Bukit Tempayan  Batu Aji, atau di Perum Bambu Kuning Blok A13/02  serta bisa langsung menghubungi 0778394154 / 081372670214 / 085762316847

Editor: Dodo