Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inggris Produksi Roti Berkalori Rendah
Oleh : Dodo
Sabtu | 13-04-2013 | 12:20 WIB
roti.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

LONDON - Kabar baik buat mereka yang sedang berdiet karbohidrat. Kini seorang pembuat roti di Inggris telah mengembangkan produk roti dengan kandungan kalori terendah. Uniknya lagi, produk buatannya ini terbuat dari brokoli!

Paul Shackleton, seorang bankir Inggris yang beralih profesi menjadi pembuat roti telah meluncurkan Plan Bread. Sebuah bisnis delivery sandwich yang menggunakan roti bebas karbohidrat, rendah kalori, dan terbuat dari brokoli.

Walaupun tidak memiliki pengalaman dalam bidang bakery, pria berumur 27 tahun ini mempunyai visi untuk menciptakan roti tersehat di dunia.

Paul mengakui mendapatkan visi ini dari lingkungan pekerjaan lamanya. “Saya selalu merasa bersalah setelah makan sandwich yang tidak sehat saat makan siang dan saya menemukan banyak kolega saya benar-benar menghentikan konsumsi sandwich tanpa alternatif makanan sehat lainnya,” tuturnya kepada Daily Mail .

Ia belajar secara otodidak lewat buku-buku yang ada di British Library. Ia mengamati lebih jauh penelitian kesehatan tentang bagaimana makanan disimpan sebagai lemak dan merancang lebih dari 150 prototipe roti sebelum akhirnya memilih resep Plan Bread's.

Plan Bread's yang terbuat dari bahan-bahan alami dan brokoli sebagai bahan utamanya berhasil meraih predikat roti dengan kalori terendah di Inggris dari UKAS (United Kingdom Accreditation Service). Resep spesial tersebut yang membuat roti ini mempunyai kalori 50 persen lebih kecil dan karbohidrat 94 % lebih kecil daripada roti reguler.

Sebagai perbandingan, 100 gram roti reguler mengandung 300 kalori dan 34 karbohidrat, sementara Plan Bread's hanya mengandung137 kalori dan 2 gram karbohidrat. Selain itu, roti ini juga baik untuk orang yang dengan kebutuhan khusus karena bebas gluten, kedelai, dan hampir bebas GI.

Sumber: food.detik.com