Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Cara Melezatkan Masakan Tanpa MSG
Oleh : Dodo
Jum'at | 12-04-2013 | 12:48 WIB

JAKARTA - Monosodium Glutamate (MSG) sering kali dijadikan senjata pamungkas bagi kebayakan restoran mulai dari kaki lima hingga hotel berbintang untuk melezatkan hidangannya.

Dilain sisi, MSG masih menjadi sesuatu yang menakutkan bagi kebanyakan orang. MSG sering menyebabkan dehidrasi, sakit kepala, dan rasa tak nyaman di lambung. Berita negatif lain yang membuat orang takut adalah penggunaan jangka panjang MSG yang bisa sebabkan orang menjadi bodoh.

Ironisnya, walaupun sudah tahu bahwa MSG tidak baik untuk kesehatan, namun masih sulit untuk benar-benar meninggalkan penyedap rasa ini. Alasannya, tentu saja karena rasa. Masakan tanpa vetsin serasa ada yang kurang pas, entah karena kebiasaan atau karena memang rasanya menjadi tidak seimbang.

Menyiasati hal ini, untuk membuat hidangan tetap memiliki citarasa yang lezat, Harris Sunset Road Hotel yang berlokasi di Badung Bali mengurangi pemakaian MSG dan mengganti dengan bahan-bahan alami untuk membuat masakan yang disajikan terasa nikmat.

"Jika kita menghilangkan seratus persen MSG itu merupakan hal yang tak mungkin. sebaliknya, kita kurangi pemakaian MSG dan menggantinya dengan kaldu yang berasal dari rebusan ayam/ daging dan bawang putih," kata IB Sedana Putra, Food and Baverage Manager Harris Sunset Road Bali, dikutip dari Inilah.com.

Menurutnya, sejak berdiri Harris Sunset telah menerapkan konsep 'food healthy life'. Selain pemilihan sayuran organik, tak mengunakan gula atau pemanis buatan dalam penyajian juice, dan mengurangi penggunaan garam, mengganti MSG dengan bahan-bahan alami juga menjadi concern dalam setiap penyajian hidangan.

"Cukup menggunakan bawang putih dan kaldu ayam/sapi menu masakan yang disajukan tetap terasa nikmat. sama seperti saat menggunakan MSG," jelasnya.

Penasaran, seperti apa ? Berikut ulasan Chef IB Sedana Putra....

Sebenarnya ada bahan-bahan alami yang bisa berfungsi sebagai penyedap rasa, namun tentu saja dengan harga yang tidak semurah MSG dan butuh proses yang terbilang rumit. Apa saja ?

Bawang putih

Memarkan bawang putih yang telah dikupas, dan tumis dengan sedikit minyak hingga layu, sebelum Anda memasukkan bahan-bahan lainnya. Bawang putih juga bisa dihaluskan, kemudian ditumis agar lebih merata dengan bahan lainnya.

Taburkan racikan bawang putih secukupnya dalam masakan kemudian aduk rata. Dijamin, rasanya tak kalah lezat dengan menggunakan MSG.

Kaldu ayam atau sapi

Kaldu dari ayam atau sapi paling pas untuk semua masakan. kita bisa menggunakan tulang belulang atau daging yang direbus dalam air mendidih selama beberapa waktu untuk membuat kaldu ini. Tambahkan juga beberapa sayuran dan rempah agar kaldu semakin lezat.

"Di Harris Sunset Road, semuanya sudah teruji. menggunakan bawang putih dan kaldu sama lezatnya dengan MSG. Ya, kalo MSG 100% lezat, dengan bahan alami kelezatannya mencapai 80-90%," ungkapnya.

Sumber: inilah.com