Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenal Bagian-bagian Daging Sapi
Oleh : Dodo
Rabu | 10-04-2013 | 12:15 WIB

BATAM, batamtoday - Daging sapi merupakan salah satu favorit bagi para pecinta daging. Selain bernilai gizi tinggi, mahalnya harga daging sapi seolah tak menjadi halangan bagi penggemarnya untuk menikmati.

Bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim, daging sapi juga digemari karena kehalalannya.

Namun ternyata tak semua orang mengenal bagian-bagian dari daging sapi. Berikut ulasan singkat yang dilansir oleh warisankuliner

Sandung Lamur

Dikenal dengan istilah brisket. Daging ini banyak mengandung lemak. Biasa dibuat: rawon, soto, sup, semur dan asem-asem.

Has Dalam

Dikenal dengan istilah tenderloin, adalah bagian yang terlembut dan cepat lunak sehingga cara memasaknya lebih singkat. Misalnya untuk bistik, tumisan dan sate.

Has Luar

Dikenal dengan istilah sirloin. Daging ini agak sedikit berlemak dan membutuhkan waktu memasak sedikit lebih lama dari has dalam. Misalnya untuk tumisan.

Daging Sengkel / Kisi

Daging ini banyak uratnya dan cocok untuk masakan: bakso, empal, semur, rendang dan soto.

Tetelan


Sisa-sisa daging yang melekat pada tulang. Tetelan biasanya digunakan untuk tumisan atau diambil kaldunya.

Gandik

Daging ini tidak berlemak dan tidak berurat, biasa disebut daging kelapa. Dipakai untuk masakan yang memakan waktu lama dalam mengolahnya karena bagian daging ini paling keras sehingga tidak mudah hancur. Misalnya untuk rendang.

Tulang Sapi


Bagian tulang yang banyak dipakai adalah tulang iga, kaki dan dengkul. Tulang dengkul biasanya dipakai untuk membuat kaldu.