Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PKL Batam akan Terima Bantuan Rp 7,5 Juta dari Kemenkop dan UKM
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 04-04-2013 | 12:23 WIB
pkl_batam.jpg Honda-Batam
Pedagang kaki lima di Batam.

BATAM, batamtoday - Pedagang Kaki Lima (PKL) di Batam akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang diserahkan melalui koperasi sebesar Rp 7,5 juta.

Febrialin, Kepala Dinas PMKP-UKM Kota Batam menjelaskan bahwa Kementian Koperasi dan UKM memiliki program bantuan sosial yang ditujukan bagi PKL. Diharapkan tahun ini Kota Batam menjadi salah satu daerah yang menerima bantuan tersebut.

"Bantuan sosial ini arahnya diberikan melalui koperasi PKL. Kita segera lakukan pembentukan koperasi, khususnya di lokasi yang jadi sasaran program penertiban," ujar Febrialin, Kamis (4/4/2013).

Distribusi bantuan oleh koperasi nantinya dalam bentuk fisik seperti kios maupun estalase dagangan.

"Pedagang tidak menerima bantuan uang, tapi berbentuk fisik. Sehingga PKL tidak perlu memikirkan peralatan jualan lagi," katanya.

Ditambahkannya, dalam setahun Kemenkop dan UKM hanya memberikan bantuan kepada satu koperasi yang beranggotakan 50 PKL. Namun, bagi yang belum mendapat bantuan, Pemko akan mengupayakan adanya CSR dari perusahaan BUMN dan swasta.

"Berharap pembangunan dan pemerataan ini dapat program CSR BUMN dan swasta, sehingga PKL keberadaanya terayomi dan tidak kumuh," ujar Febrialin.

Editor: Dodo