Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Alasan Lion Air Berinvestasi di Batam
Oleh : Gokli
Rabu | 03-04-2013 | 16:17 WIB

BATAM, batamtoday - PT Lion Air yang melakukan investasi di Batam dengan membangun hanggar di Bandara Internasional Hang Nadim bukan tanpa alasan. Sebab, investasi yang mereka lakukan tergolong besar.


Menurut Ronny Roozanno, Heavy Maintenance Manager PT Lion Teknik, mereka berani berinvestasi di Batam karena dekat dengan Singapura. Pasalnya, suku cadang yang akan mereka butuhkan untuk perbaikan pesawat Lion Air dipasok dari negara tersebut.

Alasan lain, Batam sebagai kawasan perdagangan bebas atau Free Trade Zone pastinya dapat membantu untuk biaya masuk barang. Sementara di kota lain yang bukan kawasan FTZ akan dikenakan biaya masuk.

"Biaya masuk suku cadang ke Batam tak ada. Landasan pacu di Bandara Hang Nadim sangat panjang, dan memungkinkan untuk pesawat ukuran besar milik PT Lion Group mendarat," jelasnya.

Sementara menurut Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Hubungan Masyarakat BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho, PT Lion Air mau berinvestasi lantaran dinilai pelayanan birokrasi yang ada di Batam sagat mudah dan tidak serumit dengan kota lain.

"Letak geografis Batam ini juga membuat PT Lion Air mau berinvestasi besar-besaran," ujarnya.

Hal lain yang dapat menguntungkan bagi Batam, kata Dwi Djoko, pihak Lion Air akan merekrut tenaga kerja yang cukup besar, bahkan akan mengutamakan putra daerah khususnya lulusan sekolah penerbangan.

PT Lion Air mengucurkan dana sebesar Rp 3,5 triliun untuk membangun hanggar di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Pembangunan hanggar tersebut dilakukan dengan dua tahap di atas lahan seluas 16 hektar.

Pembangunan tahap pertama di lahan seluas 4 hektar menghabiskan biaya sebesar Rp 500 milliar. Sementara tahap kedua di lahan seluas 12 hektar menghabiskan biaya sebesar Rp 3 triliun.

Editor: Dodo