Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lion Air Bangun Hanggar di Bandara Hang Nadim Batam
Oleh : Gokli
Rabu | 03-04-2013 | 14:16 WIB
hanggar-lion.jpg Honda-Batam
Lokasi pembangunan hanggar Lion Air di kawasan Bandara Hang Nadim.

BATAM, batamtoday - Maskapai penerbangan swasta nasional, Lion Air membangun hanggar di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam. Pembangunan dilakukan dua tahap untuk lahan seluas 16 hektar yang dialokasikan oleh BP Batam.

Pembagunan hanggar Tahap pertama di lahan seluas 4 hektar, akan beroperasi pada awal bulan Juni 2013. Sebab, saat ini proses pembangunan sudah berjalan dan bahkan sudah mencapai 60 persen.

Suwarso, Kabag Keuangan Bandara Hang Nadim, mengatakan untuk lahan seluas 4 hektar tersebut, antara BP Batam dengan pihak Lion Air sudah menandatangani nota kesepahaman. Lahan tersebut disewa selama 25 tahun. dengan nilai sewa sebesar Rp 12 milliar.

"Sesuai dengan nota kesepahaman, pembayaran dilakukan tiga kali," kata dia, Selasa (3/4/2013) siang di Bandara Hang Nadim Batam.

Ditambahkannya, untuk tahap kedua lahan seluas 12 hektar yang dialokasikan BP Batam kepada Lion Air disewa sebesar Rp 26 milliar.

"MoU pertama antara BP Batam dengan PT Lion Mentari dan untuk MOU kedua antara BP oBatam dengan PT Lion Teknik," jelasnya.

Sementara itu, Ronny Roozanno selaku Heavy Maintenance Manager PT Lion Teknik, menjelaskan pembangunan hanggar ini dilakukan untuk tempat perawatan dan pembuatan mesin pesawat untuk Lion Air Group.

Hanggar yang dibangun tahap pertama di lahan seluas 4 hektar ini dapat menampung 12 pesawat. Sementara untuk lahan seluas 12 hektar pada pembangunan tahap kedua akan menampung 16 pesawat.

"Hanggar tahap pertama hanya untuk perbaikan. Namun, untuk hanggar tahap kedua ditargerkan 200 mesin per tahun," sebut dia.

Editor: Dodo.