Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Duet RD-Aji Dipercaya Tangani Timnas U-23 untuk Sea Games Myanmar
Oleh : si
Jum'at | 29-03-2013 | 19:19 WIB

JAKARTA, batamtoday - Rahmad Darmawan (RD) kembali mendapat kepercayaan menjadi pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang akan tampil di ajang Sea Games ke-27 di Myanmar pada 2013 ini.



Jika pada ajang penyisihan Pra Piala Asia menghadapi Arab Saudi beberapa waktu dibantu Jackson F Tiago, kali ini RD akan dibantu Aji Santoso yang sebelumnya menjadi asissten pelatih pada saat Sea Games di Palembang dengan merebut medali perak. 

Keputusan RD menjadi pelatih Timnas U-23 bersama Aji Santoso disampaikan Kepala Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Surya Dharma, selaku penanggung jawab dan pelaksana pelatnas cabang olahraga multievent.

"Itu sudah disetujui Dewan Satlak Prima yaitu Ketua KONI Pusat, Tono Suratman. Soal surat keputusan (SK) sedang kami susun," kata Surya Dharma di Jakarta, Jumat (29/3/2013).

Menurutnya, keputusan penunjukan dua RD-Aji Santoso sebagai pelatih Timnas U-23 diputuskan setelah pelaksanaan KLB pada 17 Maret lalu berjalan sukses dan cukup kondusif, serta PSSi dan KPSI telah bersatu tidak terpecah lagi

"situasi sudah cukup kondusif, Sehingga Satlak Prima bisa menentukan arah kebijakan. Termasuk menentukan RD sebagai pelatih kepala dan Aji menjadi asistennya," katanya. 

Duet RD-Aji ditambah Widodo Cahyono Putro ditargetkan merebut medali emas cabang sepak bola di Sea Games Myanmar akhir tahun ini.

Satlak Prima berharap penujukkan RD-Aji diharapkan bisa mengulang sukses pada SEA Games XXVI/2011 Jakarta dan Palembang lalu, yakni menembus final meski ketika itu kalah dari Malaysia lewat drama adu pinalti sehingga harus puas dengan medali perak

"Kami berharap supaya keduanya mampu berduet dengan baik untuk mengangkat prestasi Timnas di SEA Games 2013, dan bisa merebut medali emas," katanya. 

Sementara itu RD sendiri mengaku belum mengetahui penunjukkan dirinya sebagai pelatih Timnas U-23 untuk Sea Games di Myanmar bersama Aji Santoso. 

"Saya belum tahu. Saya baru dengar dari media, dan teman-teman saya yang tahu lebih dulu. Sampai saat ini dari Satlak juga belum ada (komunikasi) lagi, terakhir komunikasi bulan lalu," kata RD. 

Kendati begitu RD mengaku siap bila kabar penujukkan dirinya sebagai pelatih Timnas U-23 benar. "Tentunya saya menyambut positif. Intinya saya pribadi, Timnas jadi satu. Kalau soal siap, saya sangat siap. Saya akan mohon ijin ke Arema Indonesia," katanya.

Hal senada juga disampaikan Aji Santoso. Aji mengatakan, siap menjadi asisten pelatih RD demi kepentingan Timnas Indonesia. Namun, Aji mengaku masih menunggu kejelasan dirinya sebagai asisten pelatih Timnas U-23 untuk Myanmar, karena dirinya juga memiliki kontrak untuk sebagai pelatih kepala Timnas U-23 dari PSSI.

"Semua demi kepentingan bangsa Indonesia. Saya siap memikul tugas yang akan diberikan, saya tidak akan mempersoalkan apakah sebagai pelatih kepala atau asisten pelatih," kata Aji

Editor : Surya