Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Investasi Lamban, Pemerintah-Pengusaha Jalan Sendiri-sendiri
Oleh : Arjo
Kamis | 28-03-2013 | 15:29 WIB
jamin_hidajat.jpg Honda-Batam
Jamin Hidajat, ketua Apindo Bintan.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Lambannya pergerakan dari Dewan Kawasan (DK) Provinsi Kepri, berdampak kurang positifnya perkembangan ekonomi dan investasi di daerah. Salah satu penyebabnya adalah karena antara pemerintah dan pengusaha masih berjalan sendiri-sendiri.

"Selama ini tim yang ada tidak berjalan sesuai dengan harapan," ujar Jamin Hidajat, ketua Apindo Bintan kepada batamtoday, Kamis (28/3/2013).

Menurutnya, walau pun tim sudah ada dibentuk oleh pemerintah, namun sejauh ini tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan semua pihak, sehingga akibatnya kondisi investasi yang ada hanya jalan di tempat.

Dalam tim, kata Jamin, seharusnya ada motor penggeraknya, namun selama ini motor itu yang belum berjalan. Sehingga apa yang diharapkan belum bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan investasi dan dunia usaha.

"Kita melihat DK tidak memiliki motor pengerak yang jelas," imbuhnya.

Dikatakan, akibat lambannya tersebut jelas peluang dan kesempatan bagi daerah untuk menangkap investor untuk menanamkan berinvestasi justru jadi hilang. Akibatnya, kondisi perekonomian dan investasi semakin lama mengalami kemunduran. "Kalau terus seperti itu, jelas kondisi investasi di daerah ini, semakin loyo," katanya.

Jamin berharap kedepan di tubuh DK Kepri ada perubahan secara signifikan sehingga kondisi investasi bisa semakin bersemangat dan investor yang akan masuk bisa lebih leluasa. Sebaliknya tim harus aktif untuk menjemput bola, guna meningkatkan investasi di daerah ini.

Editor: Dodo