Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pecat Guru Tak Gampang, Butuh Analisa
Oleh : Gokli
Selasa | 26-03-2013 | 10:40 WIB
SD-002,-Batam-Kota.jpg Honda-Batam
SD Negeri 002 Batam Kota.

BATAM, batamtoday - "Memecat guru tak gampang, butuh analisa," kata pertama yang diucapkan Kepala Dinas pendidikan (Disdik) Batam, Muslim Bidin, di Hotel Vista saat ditanya perkembangan kasus SD002 Sungai Panas, kemarin.


Yuraeni, Kepala Sekolah SD002 Sungai Panas yang sempat berpolemik dengan para guru pengajarnya, sudah dipanggil ke Disdik Batam untuk diproses administrasi. Namun, penerapan sanksi yang dilakukan sepertinya tidak ada. Misalnya mutasi atau penurunan jabatan dari kepala sekolah menjadi guru pengajar.

Menurut Muslim Bidin, proses yang dilakukan terhadap Yuraeni sudah sesuai dengan mekanisme. Terkait sanksi yang akan diterapkan masih butuh analisa.

"Sekarang dia (Yuraeni-Red) masih tetap menjadi Kepala Sekolah di SD002 Sungai Panas," kata Muslim.

Belum lama ini, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Batam, Udin P Sihaloho mengatakan ketidakharmonisan antara kepala sekolah dengan guru tenaga pengajar harus disikapi dengan tegas. Sebab, hal itu dapat berakibat fatal bagi siswa didik di sekolah tersebut.

"Disdik Batam harus berani melakukan mutasi. Jangan sampai anak didik yang terkena dampak ketidakharmonisan guru dengan kepala sekolah," kata dia.

Editor: Dodo