Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KAMMI Kepri Berangkatkan Aktivisnya ke Jalur Gaza
Oleh : Agus Heryanto
Selasa | 26-03-2013 | 10:04 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday -- Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PD KAMMI) Kepulauan Riau berencana berangkat ke Palestina untuk menyerahkan bantuan dan melihat secara langsung kondisi riil anak-anak dan wanita korban kekerasan tentara Israel.


Untuk itu, KAMMI Kepri mempercayakan seorang alumni terbaiknya, yang juga merupakan pengurus Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) Kepri, Bahtiar Lc, berangkat ke Jalur Gaza, Palestina pada 1 April 2013 mendatang.

Rencana keberangkatan KAMMI Kepri ke ke Jalur Gaza, Palestina, diungkapkan Ketua Umum PD KAMMI Kepri, Raja Dachroni kepada wartawan, baru-baru ini. "Ini adalah kali pertama KAMMI Kepri mengutus relawan langsung ke Jalur Gaza, Palestina. Tentunya hal ini sudah kami siapkan jauh-jauh hari dengan persiapan yang cukup matang," ungkapnya.

Ditambahkan, KAMMI juga berencana melakukan penggalangan dana dalam beberapa hari ini dengan cara ke kampus-kampus dan memanfaatkan sosial media seperti twitter, facebook dan google +.

Menurutnya, keberangkatan ke Palestina ini memang sudah direncanakan cukup matang. Namun, KAMMI dan KNRP sebelum berangkat akan melakukan musyawara di Bandung pada Kamis (28/3/2013) nanti, untuk membincangkan masalah teknis.

"Saya pikir tentu masyarakat Kepulauan Riau sangat menyambut hal ini dengan antusias, apalagi bantuannya langsung disalurkan. Jika sebelumnya, kita masih menggunakan jasa dan jaringan yang kami miliki di Palestina," ujar mantan Presiden Mahasiswa STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang ini.

Sebelumnya, KAMMI juga sudah melakukan penggalangan dana di jalanan yang berhasil mengumpulkan uang Rp 39,4 juta. Walau jumlahnya belum begitu besar dibandingkan dengan jumlah penduduk Kepri, kata Dachroni, tentunya hal itu merupakan respons yang cukup baik dari masyarakat Kepri.

"Perlu juga masyarakat ketahui, bahwa kami tidak hanya peduli dengan musibah harian yang dialami oleh muslim luar negeri saja. Kalau ada musibah dalam negeri atau di daerah seperti banjir dan kemarin terakhir korban kebakaran di Dabosingkep, kita juga turut membantu dengan aksi penggalangan dana, karena ini sudah masuk dalam program KAMMI Peduli sesama. Saya akui memang program ini belum berjalan secara luas karena keterbatasan yang kami miliki," kata Dachroni.

Jelang keberangkatan aktivis KAMMI dan KNRP ini, KAMMI juga sangat mengaharapkan para masyarakat bisa menginfakkan harta terbaiknya ke nomor rekening BSM 4680001648 an KAMMI Kepulauan Riau.

"Semoga masyarakat Kepri tergugah dengan peristiwa yang dialami masyarakat Palestina saat ini karena disana hampir setiap hari mengalami pembantaian dan pelanggaran HAM berat," tutup Dachroni.

Editor: Dodo