Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Naskah UN Pakai Barcode, Muslim Bidin Yakin Siswa Sudah Paham
Oleh : Gokli
Selasa | 26-03-2013 | 09:22 WIB
muslim_bidin.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Muslim Bidin.

BATAM, batamtoday - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2013 ini tak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Hanya saja, naskah soal yang akan dibagikan kepada setiap peserta bervariasi dan menggunakan barcode.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Muslim Bidin, yakin para siswa peserta UN sudah paham cara penggunaanya. Pasalnya, sosialisasi yang sudah berulang kali dilakukan baik secara langsung oleh Disdik Batam maupun melalui para kepala sekolah tidak ada kesulitan dan berjalan lancar.

Sosialisasi UN yang dilakukan, sambung Muslim, peserta didik dilatih cara mengisi Biodata dan mengisi Lembar Jawaban Siswa (LJK) yang baik dan benar. Semua siswa mendapat pelatihan yang sama dan diyakini sudah dapat memahami.

"Setelah dilakukan sosialisasi, saya yakin siswa sudah paham. Naskah soal dan LJK yang menggunakan barcode tak jadi masalah," kata dia, belum lama ini.

Selain sosialisasi, siswa peserta UN juga dibekali dengan pelatihan seperti try out. Dari hasil pelaksanaan try out diketahui tingkat kelulusan mencapai 70 persen, dan mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

"Hasil try out, siswa SMK yang dapat nilai terbaik. Untuk SMP hasilnya luman bagus,"jelasnya.

Adapun 30 persen yang tidak lulus lantaran mendapat nilai dibawah standar kelulusan, yakni siswa didik dari hinterland. Hal ini bisa dimaklumi karena tenaga pendidik yang masih kurang.

Editor: Dodo