Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KM Binaiya Docking, Penumpang Harus Cari Kapal Alternatif
Oleh : Emmi Wati
Selasa | 26-03-2013 | 08:38 WIB
km_binaiya.jpg Honda-Batam
KM Binaiya. (Foto: sapos.co.id)

ANAMBAS, batamtoday - Kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) yang melayani penumpang tujuan Jakarta-Tajungpinang-Tarempa-Natuna hingga ke Kalimantan, KM Binaiya, memasuki fase pemeliharaan (docking) pada 21 Maret hingga 31 Maret mendatang.


Dengan docking-nya kapal tersebut, penumpang dengan rute tresbut harus bersabar hingga kapal selesai pemeliharaan dan beroperasi kembali. Namun, ada juga kapal lain yang melayari rute tersebut.

"Masih ada beberapa kapal yang lain menggantikan rutenya, seperti kapal KM Sabuk Nusantara, Gunung Bintan dan ferry untuk tujuan Anambas-Tanjungpinang," kata Wakil Kepala Syahbandar Tarempa, Darlis kepada wartawan, (Senin (25/3/2013).

Darlis juga menambahkan, dalam docking tersebut KM Binaiya memperbaiki propeller kemudi, AC, tempat tidur dan lantai yang kotor akan dipoles agar bersih.

"Propeller kemudi juga diperbaiki agar kapal tersebut beroperasi nanti sudah bisa sandar di Pelabuhan Tarempa dan ada beberapa item, seperti AC yang sudah kurang dingin akan diperbaiki juga. Ini informasi yang kita dapatkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi penumpang nantinya," kata Darlis.

Walaupun telah melakukan perbaikan KM Binaiya belum bisa bersandar di Pelabuhan Tarempa karena kondisi pelabuhan masih dalam perbaikan. Untuk bisa bersandar di pelabuhan Tarempa membutuhkan sandaran sepanjang 90 meter sementara pelabuhan yang lama hanya 70 meter.

"Sebenarnya kapal bisa sandar namun harus ekstra hati-hati karena panjang pelabuhan tidak mencukupi, ditambah lagi bolder atau pengikat tali kapal yang patah beberapa waktu lalu belum juga diperbaiki. Padahal waktu itu pihak Pelni sudah sepakat akan memperbaikinya," katanya.

Editor: Dodo