Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musrenbang Digelar di Hotel

Dana Usulan Musrembang Tingkat Kecamatan Capai Rp4,7 Triliun
Oleh : Gokli
Senin | 25-03-2013 | 15:04 WIB

BATAM, batamtoday - Total dana usulan dari hasil Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat kecamatan se-Kota Batam mencapai Rp4,7 triliun. Besaran biaya tersebut akan dirampingkan lagi pada pembahasan Musrenbang tingkat kota, yang sedang diadakan di Hotel Vista, Senin (25/3/2013) pagi.

Pembahasan Musrenbang ni akan berlangsung dalam waktu tiga hari, sampai dengan Rabu (27/3/2013). Pembahasan itu juga akan dibagi menjadi tiga kelompok, yakni perencanaan sarana dan pra sarana, perencanaan fisik, beserta perencanaan pembagunan ekonomi, yang sebelumnya sudah dibahas dalam Musrenbang tingkat kecamatan.

Wan Darussalam, ketua Panitia Musrenbang tingkat Kota Batam, mengatakan total biaya usulan pada Musrenbang Kecamatan mencapai Rp4,7 trilliun. Sementara, rencana Wali Kota Batam dari APBD akan dianggarkan Rp2,2 triliun untuk belanja langsung dan tidak langsung.

Dari anggaran Rp2,2 triliun tersebut, Rp1,2 triliun merubakan anggaran untuk belanja langsung atau yang akan digunakan sebagai biaya pembangunan seperti yang diusulkan.

"Ini akan diseleksi lagi, Rp4,7 triliun itu terlalu besar," kata dia.

Dijelaskannya, untuk mencapai anggaran Rp2,2 triliun pembangunan Batam sesuai dengan Musrenbang akan diusulkan bantuan dari Pusat Rp550 juta, Provinsi Rp450 juta dan BP Batam Rp550 juta.

Total anggaran dari perencanaan tersebut baru mencapai Rp2,750 triliun. Hal ini masih belum bisa mengakomodir semua usulan yang masuk melalui Musrenbang tingkat kecamatan sebesar Rp4,7 Triliun.

"Laporan dari Dispenda Batam, anggaran yang sudah ada baru Rp1,8 triliun. Tapi, masih ada waktu untuk merealisasikan anggaran Rp2,2 triliun sesuai rencana Wako," sebutnya.

Terkait pelaksanaan Musrenbang tingkat kota di Hotel Vista, Wan Darussalam enggan berkomentar ketika ditanyai wartawan besaran anggaran yang dihabiskan untuk acara tersebut. Namun dia membenarkan dana yang digunakan dari APBD Batam tahun anggaran 2013.

"Tak sampai milliar, paling ratusan juta," tuturnya tanpa menyebutkan nominalnya.

Editor: Dodo.