Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lis Darmansyah Layani Warga di Disdukcapil Tanjungpinang
Oleh : Agus Heryanto
Senin | 25-03-2013 | 09:07 WIB
lis disdukcapil.jpg Honda-Batam
Wali Kota Lis Darmansyah saat melakukan inspeksi mendadak ke Disdukcapil Tanjungpinang. (Foto: Agus/batamtoday)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Suasana pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanjungpinang pada Senin (25/3/2013) pagi, sedikit berbeda dari biasanya.


Andini, salah seorang warga yang mengurus surat menyurat di kantor tersebut, bahkan sempat terperanjat saat melihat sosok pria yang melayaninya di loket pelayanan.

"Selamat pagi, bu," kata pria itu sambil menyalami Andini.

Keterkejutan seorang Andini sangat masuk akal, mengingat pria yang melayani dirinya langsung adalah Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

Ya, pagi ini Lis melakukan inspeksi mendadak ke Disdukcapil Kota Tanjungpinang untuk memantau langsung jalannya pelayanan para pegawai dalam melayani masyarakat.

Bukan hanya memantau, Lis juga menjadi 'penerima' tamu, yakni warga yang mengurus KTP maupun mengambil Kartu Keluarga yang telah selesai dicetak.

Kepada sejumlah pegawai di kantor tersebut, Lis menekankan harus ada pembenahan pelayanan agar mudah dimengerti warga mengenai prosedur pengurusan surat-surat kependudukan.

"Disdukcapil tolong benahi pelayanan dan berikan petunjuk papan isyarat agar warga mudah mengerti saat masuk kantor," kata Lis kepada Pamri S Sos, Kepala Disukcapil Tanjungpinang.

Tidak adanya papan pengumuman dan petunjuk pelayanan, menurut wali kota, sangat menyulitkan warga dalam memahami proses pengurusan dokumen kependudukan.

Lis juga meminta, staf Disdukcapil meningkatkan kinerja pelayanan, untuk mengubah citra pelayanan yang buruk menjadi pelayanan yang memuaskan.

Editor: Dodo