Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalan Tol Sepanjang 25 Km di Batam Segera Dibangun
Oleh : Gokli
Sabtu | 23-03-2013 | 16:14 WIB

BATAM, batamtoday - Gubernur Kepri Muhammad Sani mengatakan jalan tol sepanjang 25 kilometer (Km) akan segera dibagun di Batam. Pembangunan jalan tol tersebut akan dimulai pada pertengahan tahun 2013 ini.


Terkait pembangunan jalan tol tersebut, disampaikan M. Sani usai rapat Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan dan Karimun di Graha Kepri, Batam Center, Jumat (22/3/2012) sore.

Menurut Sani, pembangunan jalan tol ini merupakan rencana konektivitas Sumatera yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal ini juga bagian dari kesepakatan antara gubernur se-Sumatera yang sudah disetujui oleh Pemerintah Pusat.

"Pertengahan 2013 akan segera dibagun. Sekarang, masih proses pembuatan Keppres-nya," kata dia.

Bersamaan dengan itu, Mustofa Widjaya selaku Kepala BP Batam, mengatakan, pembangunan jalan tol tersebut dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Total anggaran yang akan dikucurkan sebesar Rp1,2 triliun, untuk pembangunan jalan tol sepanjang 25 km.

"Pendanaannya akan dilakukan secara bertahap, pertama sekitar Rp400 miliar atau sampai Rp500 miliar," jelasnya.

Mustofa menambahkan, jalan tol sepanjang 25 Km tersebut merupakan jalur lintas khusus industri, dari Batu Ampar - Mukakuning - Airport. Diperkirakan pembangunannya rampung pada tahun 2015 mendatang.

"Jalan tol-nya untuk melayani angkutan industri. Kalau transportasi manusia akan dibangun monorail," tegasnya.

Editor: Dodo