Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hotel Lokasi Rawan Transaksi Narkoba
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 21-03-2013 | 16:08 WIB

BATAM, batamtoday - Bahaya narkoba semakin mengancam masyarakat Indonesia saat ini, terutama para generasi muda. Bahkan, peredaran narkoba ini makin terbuka dan mudah didapatkan karena para bandar sering melakukan transaksi di tempat fasilitas umum seperti hotel.

Mengantisipasi maraknya peredaran di hotel, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri menggelar Sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di Lingkungan Swasta Tahun 2013 yang dilaksanakan di BCC Hotel, Kamis (31/3/2013).

"Tujuan utama kita melakukan sosialisasi ini karena bahaya narkoba semakin mengancam masyarakat dan Batam salah satunya," kata Kabag Wasidik Ditresnarkoba Polda Kepri, AKBP TA Rahman salah satu pembicara di sosialisasi bahaya narkoba yang digelar BNNP Kepri ini.

Menurutnya, dengan diadakan sosialisasi tersebut, para pengusaha hotel dan restauran di Batam mengetahui bahwa tempat mereka bekerja banyak dijadikan tempat favorit bagi bandar untuk melakukan transaksi narkoba.

"Setelah mengikuti kegiatan ini, pengusaha hotel bisa lebih protektif lagi dalam melakukan pengawasan dan dapat memberikan informasi bila ada kecurigaan tentang adanya transaksi narkoba ini," jelasnya.

Dengan adanya hubungan kerjasama dan sinergi yang terjalin baik ini, lanjut Rahman, pihak kepolisian dan BNNP dapat mengungkap dan menekan maraknya peredaran dan transaksi narkoba yang banyak dilakukan di hotel.

Kedepan, pihak BNNP dan Polri segera akan menjalin kerjasama dengan pengelola hotel di Batam dalam mencegah peredaran narkoba, tidak menutup kemungkinan akan ditempatkan mesin pemindai untuk melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan pengunjung hotel.

Sementara itu, Kabid Pencegahan, BNNP Kepri, Nurlis mengatakan sosialisasi ini merupakan bagian dari program kerja BNNP dalam menekan angka peredaran narkoba di Kepri, khsususnya Batam.

Sosialisasi tentang bahaya narkoba ini tak hanya diberikan kepada pihak swasta saja, sebab BNNP Kepri telah memberikan sosialisasi yang sama kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan mahasiswa.

"Sosialisasi ini kita lakukan secara rutin, baik kepada masyarakat, pegawai swasta, PNS dan mahasiswa guna mengampanyekan bahaya narkoba yang semakin mengancam saat ini," jelasnya

Editor: Dodo