Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soerya Minta BPS Kepri Siapkan Prediksi Pembangunan
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 19-03-2013 | 17:15 WIB
soerya-lantik-kepala-bps.jpg Honda-Batam
Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo melantik kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kepri, Drs.Dumagar Hatahuruk,M.Si

TANJUNGPINANG, batamtoday - Kebutuhan statistik khususnya pemerintah semakin dibutuhkan di era pembangunan saat ini. Sebab itu, lewat data yang disajikan statistik, pemerintah dapat menganalisa serta merencanakan pembangunan.

Demikian dikatakan, Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo dalam amanahnya usai melantik kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kepri, Drs.Dumagar Hatahuruk,M.Si di aula kantor Gubernur,Selasa (19/3/2013). Kepala BPS Provinsi Kepri yang baru Drs.Dumagar Hutahuruk,M.Si sendiri dilantik berdasarkan keputusan Kepala BPS Pusat nomor 0451/KPG-2013.

“Melalui data statistik yang akurat, akan menjadi acuan pemerintah daerah dalam menentukan rencana pembangunan yang strategis,” kata Soerya.

Pemerintah daerah memberikan harapan yang tinggi kepada BPS untuk menyajikan data yang akurat dan terukur.

“Dan jika memungkinkan, BPS dapat menyediakan prediksi ilmiah atas data yang ada. Sehingga, Pemerintah dapat mengambil keputusan lebih awal,” kata Soerya.

Kepala BPS Pusat, Suryamin melalui Kepala Divisi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pusat, Sasmito Hadiwibowo mengatakan, Kepri memiliki beragam potensi dan komoditi sebagai sumber PAD dan pelaksanaan pembangunan, seperti di bidang pertambangan, pariwisata dan potensi lain yang sangat berharga.

"Hal ini, tentunya akan memberikan potensi pertumbuhan ekonomi yang besar kepada masyarakat. Sehingga, kedepan Kepri menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujar Sasmito.

Oleh sebab itu, tambah Sasmito, Kepala BPS Provinsi Kepri yang baru hendaknya dapat terus berkomitmen menyediakan data yang berkualitas bagi Pemprov Kepri khususnya bidang ekonomi. Sehingga nantinya, Pemprov dapat mengambil langkah-langkah strategis pembangunan.

Selain itu, Sasmito juga meminta Kepala BPS Kepri, dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan, dengan menyiapkan data secara matang dengan membangun sistem infrastruktur seperti lewat jurnal dan website. Terkait permintaan Wagub untuk menyediakan data akurat, Sasmito meminta kepada Kepala BPS yang baru terus berkomunikasi dengan pemerintah daerah.

“Kerjakan secara baik. Dan sekali lagi, jalin kerjasama yang intensif dengan pemerintah provinsi,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Sasmito juga mengharapkan bantuan Pemprov Kepri untuk menjalankan  program nasional sensus pertanian 2013. “Kami berharap, pemerintah daerah dapat membantu kami membantu menyukseskan sensus ini,” ucapnya mengakhiri.

Editor: Dodo