Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertumbuhan Capai 7-8 Persen Per Tahun

Jumlah WTS di Batam yang 'Tersensus' Dinsos Capai 2.676 Orang
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 19-03-2013 | 12:46 WIB
psk.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Jumlah Wanita Tuna Susila (WTS) di Batam hingga 2013 mencapai angka yang cukup fantastis. Data 'sensus' Dinas Sosial Kota Batam menyebutkan, jumlah para pekerja seks komersial itu mencapai 2.676 orang.

Dijelaskan oleh Zuherni, Kabid Rehablitasi Sosial Dinsos Batam bahwa data jumlah WTS tersebut berasal dari lima titik lokalisasi di Pokok Jengkol, Sameyong, Teluk Bakau Kabil, Teluk Pandan dan yang mangkal di BCA Jodoh.

"Berdasarkan data yang kita miliki di Batam terdapat 2.676 WTS yang tersebar di 50 bar di Batam," kata Zuherni kepada wartawan, Senin (19/3/2013) siang.

Akan tetapi Zuherni mengatakan data belum di-update, akan tetapi setiap tahunnya jumlah WTS selalu bertambah. Peningkatan jumlah WTS setiap tahunnya mencapai 7-8 persen.

"Validasi kita tak bisa menjamin karena selalu ada yang keluar masuk. Misalkan yang keluar itu 4 WTS, tapi yang masuk bisa 7 WTS," ungkapnya.

Zuherni juga mengaku kesulitan untuk mencegah masuknya WTS liar ke Batam. Menurutnya, Dinsos Batam hanya berupaya untuk meminimalisir.

"Maunya kita WTS liar tersebut itu tidak ada, tapi susah dicegah. Kita hanya bisa meminimalisir," kata Zuherni.

Selain melakukan penertiban, Dinsos juga melakukan pembinaan terhadap WTS yang terdata dengan memberikan pelatihan agar mereka bisa memiliki keterampilan agar tak terus menerus menjalani aktivitas menjajakan diri.

"WTS kita lakukan pembinaan terutama bagi WTS yang tidak laku. Akan tetapi kendalanya kalau sudah tidak laku langsung dipulangkan oleh mami-nya,"  ujarnya.

Sedangkan disinggung prostitusi di panti pijat, Zuherni berjanji tahun ini pihaknya akan mulai melakukan pendataan.

"Untuk WTS di panti pijat baru akan kita data tahun 2013 ini," katanya.

Editor: Dodo