Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tabung Gas Bocor, Dua Karyawan Bakso Gunung Alami Luka Bakar
Oleh : Ali
Jum'at | 15-03-2013 | 12:33 WIB
bakso-gunung-meledak.jpg Honda-Batam
Petugas PBK memberikan tindakan ke tabung gas milik Bakso Gunung yang bocor dan sempat menyemburkan api. (Foto: Ali/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Luki (21) dan Roni (22), karyawan Bakso Gunung di Ruko Cipta Emerald blok A No 1, Batam Center terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena luka bakar di sekujur tubuhnya usai terkena semburan api dari tabung gas yang bocor, Jumat (15/3/2013).

"Roni dan Luki sudah dilarikan ke Rumah Sakit Awal Bross (RSAB) karena luka bakar di tubuhnya," kata Semi (38) karyawan lainnya.

Suwoto, pemilik kuliner menceritakan awal mula kedua karyawannya yang bertugas membuat bakso sedang bekerja, Tak disangka, tiba-tiba api menyembur keluar dari tabung gas.

"Menggunakan kain basah, keduanya menutup batang atas tabung. Tapi api menyambar badan Roni dan Luki," katanya.

Akibatnya, Roni mengalami luka bakar dan mengelupas di bagian wajah, tangan kanan dan kaki kanannya. Sedangkan Luki mengalami luka melepuh di pundak dan kaki kannnya.

Melihat kondisi kedua rekannya sudah terbakar, Semi meminta karyawan lainnya meghubungi pihak Pemadam Kebakaran, sambil memadamkan api yang masing keluar dari tabung gas dengan menggunakan dua alat pemadam api ringan (apar).

Beberapa menit kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung mengambil tindakan pemadaman.

"Tindakan yang langsung kita lakukan yakni amankan mengeluarkan tabung ke ruang bebas dari api dan menyemprot menggunakan apar dan air," kata seorang petugas PBK.

Pantauan di lapangan, tabung gas 12 kilo berwana biru mash disemprot petugas menggunakan air. Meskipun sudah dibawa ke ruang terbuka, namun aroma gas masih tetap menyegat.

Editor: Dodo