Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pesulap Kondang Yang Jago Meloloskan Diri

Google Apresiasi Hari Jadi Harry Houdini Sebagai Icon Hari Ini
Oleh : sumantri
Kamis | 24-03-2011 | 19:29 WIB
Harry_Houdini_(wikipedia).jpg Honda-Batam

Harry Houdini, Pesulap Asal Honggaria yang menjadi logo google.co.id 24 Maret 2011

Batam, batamtoday - Jika anda meng-klik situs www.google.co.id pada kolom halaman browsing, anda akan mendapati gambar Harry Houdini, pesulap kondang asal Negeri Paman Sam yang selalu menunjukkan kemampuannya meloloskan diri dengan trik-trik ekstrim.

Harry Houdini (Budapest, Hongaria, 24 Maret 1874–Detroit, 31 Oktober 1926) adalah seorang pesulap terkemuka asal Amerika Serikat. Pesulap dengan nama asli Enrich Weiss ini paling dikenal melalui trik-trik meloloskan dirinya, antara lain melepaskan diri dari ikatan tali, borgol, rantai, dan yang paling terkenal: trik Chinese water torture, dimana tubuh Houdii tergantung terbalik berhasil meloloskan diri dari lemari kaca yang diisi penuh dengan air.

Awal karir manusia yang mendalami karir sebagai pesulap ini adalah ketika ia mulai bosan dengan medio kartu sebagai alat sulap, lalu ia mulai fokus pada aksi-aksi meloloskan diri. Houdini mulai menjadi pesulap pada tahun 1891.

Pertunjukan terakhir Houdini berlangsung pada 24 Oktober 1926. Sehari kemudian ia masuk rumah sakit dan meninggal dunia akibat peritonitis di bagian umbai cacing pada 31 Oktober 1926.

Harry Houdini datang ke Amerika Serikat pada tanggal 3 Juli 1878, berlayar di Fresia SS dengan ibunya (yang sedang hamil) dan empat saudaranya, lalu kehidupan keluarga ini pun berubah. Ejaan Hungaria menyebutkan nama pesulap ini dengan "Erikk", sementara Jerman memanggil sang maestro dengan kata Weiss (ejaan Jerman) dan ejaan nama anak untuk Erikk adalah Ehrich. Dilain pihak Teman-teman Harry yang berprofesi sebagai pesulap memanggilnya "Ehrie" atau "Harry".

Harry besar di negara bagian Wisconsin, di mana ayahnya menjabat sebagai Rabbi dari Kongregasi Yahudi Reformasi Sion. Menurut sensus tahun 1880, keluarga tinggal di Appleton Street. Pada 6 Juni 1882, Rabi Weiss menjadi warga negara Amerika. Kehilangan masa jabatannya di Sion pada tahun 1887, Rabi Weiss pindah dengan Ehrich ke New York City. Mereka tinggal di sebuah rumah kos di East 79 Street. Mereka bergabung dengan anggota keluarga yang lain. 

Sebagai seorang anak, Ehrich Weiss mengambil beberapa pekerjaan serabutan, selanjutnya sang legenda sulap ini juga pernah menjadi juara pelari lintas negara. Dia membuat debut publik sebagai pemain trapeze selama 9 tahun, Harry kemudian menyebut dirinya "Ehrich, Pangeran Air". Harry menjadi pesulap profesional dan mulai menyebut dirinya  "Harry Houdini" karena ia sangat dipengaruhi oleh pesulap Perancis Jean Eugène Robert-Houdin,dan temannya Jack Hayman mengatakan kepadanya, bahwa di Perancis, menambahkan "i" untuk Houdin akan berarti "seperti Houdin" penyihir besar.

Dalam kehidupan selanjutnya, Houdini bahkan mengklaim bahwa bagian pertama dari nama barunya, Harry, adalah penghormatan kepada Harry Kellar, yang Houdini dikagumi. Pada tahun 1918 ia terdaftar untuk layanan selektif sebagai Harry Houdini Borgol. Yang kemudian gelar tersebut ia bawa hingga akhir hayatnya.