Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembukaan Rute SKY Aviation Jadi Gerbang Hubungan Ekonomi Lampung-Batam
Oleh : Ali
Sabtu | 09-03-2013 | 15:04 WIB
sky_aviation_boeing.jpg Honda-Batam
SKY Aviation.

BATAM, batamtoday - Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP berniat meningkatkan kerjasama dengan Pemerintah Kepulauan Riau melalui Kota Batam dalam hal potensi kerajinan tangan dan industri rumahan.

Selain itu, dengan dibukanya rute penerbangan Lampung-Batam oleh SKY Aviation, dapat meningkatkan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lampung.

"Yang pertama di bidang perekonomian. Batam menjadi pintu gerbang bagi wisatawan, dalam hal Lampung mempunyai potensi seperti hasil kerajinan tangan yang dapat dikembangkan melalui Batam. Ke depan depan, bisa saja Batam menjadi tempat pemasaran sehingga banyak wisatawan mengenal produk dalam negeri khas Lampung," ujarnya saat mengikuti penerbangan perdana SKY Aviation, kemarin.

Selain potensi kerajinan, menurutnya dengan adanya rute Batam - Lampung yang dikantongi SKY Aviation, dapat membatu perjalanan para tenaga kerja asal Lampung yang berniat bekerja di luar negeri.

"Tenaga kerja dari Provinsi Lampung merupakan salah satu yang terbesar untuk wilayah Sumatra. Banyak dari tenaga kerja yang berasal dari daerah kami yang banyak memilih menggunakan rute lain. Sehingga mengeluarkan anggaaran yang tidak sedikit," tambahnya.

Selain itu, dengan adanya rute ini, juga menghambat para biro jasa untuk memalsukan identitas para calon TKI.

"Tidak jarang, sejumlah biro jasa menggunakan identitas tenaga kerja yang berasal dari Lampung dibuat dari kota dia diberangkatkan, misalnya dari Dumai, maupun Pekanbaru. Sehingga, banyak kasus yang ketika hendak dicari lokasi kerabat serta keluarganya," kata dia.

Dirinya berharap, penerbangan dari Lampung ke Batam dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Editor: Dodo