Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Temukan Banyak Kejanggalan

KPAI Bentuk TPF Kasus Kematian Empat Bocah di Batam
Oleh : si
Kamis | 07-03-2013 | 15:35 WIB

JAKARTA, batamtoday - Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menemukan berbagai kejanggalan dibalik kematian empat bocak di Batam, yang ditemukan tewas di dalam sebuah mobil bekas.


Karena itu, KPAI akan membentuk Tim Pencari Fakta (TPF) guna mengungkapkan dan menindaklanjuti kasus meninggalnya empat bocah di Batam secara tragis.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPAI Syamsul Ridwan, kepada pers di Jakarta, Rabu (6/3/2013) kemarin, mengatakan, tim dari KPAI yang dipimpin Ketua Umum KPAI Arist Merdeka Sirait telah mendatangi Batam untuk menemui korban, meninjau lokasi kejadian dan Polresta Barelang. 

"Hasil kunjungan kita, untuk sementara ditemukan beberapa kejanggalan penyebab kematian keempat anak tersebut," kata Syamsul.

Selama mendatangi keluarga korban, meninjau lokasi kejadian dan meminta hasil perkembangan penyelidikan, KPAI, kata Syamsul, ditemani anggota DPRD Batam dan penyidik Polda Kepulauan Riau.

"Setelah dengarkan hasil penyelidikan sementara oleh Wakapolres Balerang, dilanjutkan dengan melihat barang bukti yang ditemukan di tempat kejadian perkara berupa baju, celana, sandal dan mobil bekas yang menjadi barang bukti dimana keempat anak ditemukan meninggal," tutur Samsul.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, KPAI akan membentuk TPF untuk mengungkap penyebab kematian empat anak itu. "Komnas Perlindungan Anak memandang perlu untuk membentuk Tim Pencari Fakta (TPF) guna mengungkap penyebab kematian empat anak yang saat ini masih sangat kabur," tutur Samsul lagi.

Namun, Komnas PA juga mengapresiasi kinerja kepolisian dalam mengawal kasus ini yang sampai saat ini masih pada tahap mengembangkan penyelidikan.

Dalam waktu dekat Komnas Anak juga akan melakukan koordinasi dengan Mabes Polri terkait dengan hasil laboratorium forensik terhadap organ tubuh keempat anak malang itu. Sebelumnya, para bocah itu ditemukan tewas di dalam mobil tua. Komnas PA menyelidiki kasus ini dan menemukan beberapa kejanggalan penyebab kematian mereka.

Editor : Surya