Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bantuan bagi Korban Kebakaran di Dabo Terus Mengalir
Oleh : Ardi Fiadi
Selasa | 05-03-2013 | 11:55 WIB
Puing_Kebakaran_Dabo.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Lingga, Abu Hasyim menyaksikan puing - puing rumah yang terbakar.

LINGGA, batamtoday - Bantuan bagi korban kebakaran di Dabo dari berbagai pihak terus mengalir. Sementara, 50 kepala keluarga (KK) terpaksa mengungsi karena rumahnya tak bisa ditempati.

Sejumlah instansi dan lembaga, baik pemerintah maupun NGO tampak memberikan bantuan bagi warga yang kini ditampung sejumlah posko yang dibangun.

Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga telah mempersiapkan beberapa tempat lokasi penampungan dan evakuasi terhadap warga. Dua unit tenda posko bantuan, posko kesehatan dan dapur umum sudah disediakan untuk menangani musibah tersebut.

Camat Singkep, KisanJaya menyampaikan, meskipun tidak menelan korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian materil sangat besar karena setelah dilakukan pendataan tercatat sebanyak 50 Kepala Keluarga dengan jumlah 132 jiwa yang menempati 41 unit rumah.

"Secara resmi ada 41 rumah yang terbakar," kata Kisan, Selasa (5/3/2013).

Kisan merinci 34 rumah habis terbakar, dan 7 rumah rusak ringan di RT.01/ RW.03, Kelurahan Dabo.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menangani musibah ini, sifatnya spontan dan darurat namun tetap mengacu pada standar prosedur operasional penanganan bencana agar seluruh upaya penangan yang dilakukan dapat terkoordinir dengan baik,'' sebut Kisan.

Berdasarkan data dari Korlap posko kesehatan disebutkan 3 orang mengalami luka bakar ringan, 4 orang cidera akibat pecahan kaca dan tertusuk paku, hipertensi dan shock sebanyak tiga orang.

Sementara seorang anggota unit Damkar juga mengalami cidera dan langsung dibawa ke RSUD Dabo. Belasan kepala keluarga terpaksa tidur di lokasi penampungan yang disediakan, tenda dan ruang kelas TPA di halaman Mushala Mustafirin, di belakang Pasar Dabo.

Dinas Kesehatan Lingga melibatkan seluruh personil Puskesmas Dabo Lama untuk menangani korban musibah kebakaran. Tagana dan Badan Penanganan Bencana Daerah Lingga telah menyerahkan bantuan berupa alat mandi, pakaian, mie instan, alat memasak dan makanan siap saji.

Bantuan spontan dari masyarakat juga terus mengalir seperti nasi bungkus, air minum kemasan dan lain sebagainya. Beberapa elemen organisasi juga terlibat dan terlihat bahu membahu dalam melakukan pengumpulan bantuan baik dalam bentuk uang, beras, pakaian dan lain sebagainya.

Editor: Dodo