Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Kebudayaan Daerah, Jebat Batam Meriahkan Lomba Jong di Batu Besar
Oleh : Hendra Zaimi
Senin | 04-03-2013 | 08:10 WIB
Jebat-Batam-2.jpg Honda-Batam
Ketua Jebat, Ismail Ibrahim memberikan hadiah kepada pemenang lomba perahu Jong dalam Pesta Pantai di Pantai Melayu Nongsa. (Foto: Hendra/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Untuk memperkenalkan kebudayaan daerah, khususnya kebudayaan Melayu, LSM Jembatan Bersatu Anak Tempatan (Jebat) Batam bekerjasama dengan Pemuda Batu Besar menggelar lomba Jong yang diselenggarakan di Pantai Kampung Melayu, Batu Besar, Sabtu dan Minggu (2-3/3/2013).


Ketua Jebat Batam, Ismail Ibrahim (Wak Leng), mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Jebat terhadap kebudayaan Melayu dan memperkenalkan kepada seluruh masyarakat, sebab kebudayaan ini sudah mulai hilang di masyarakat Batam.

"Jebat Batam akan selalu membuat sesuatu yang terbaik untuk masyarakat, terutama dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Melalui even ini, kami berusaha bersama-sama memperkenalkan budaya daerah, yakni Perahu Jong," kata Wak Leng kepada batamtoday, Minggu (3/3/2013) di Pantai Melayu, Batu Besar.

Wak Leng menambahkan, dengan adanya dukungan yang diberikan pihaknya kepada panitia dan pemuka masyarakat di Batam Besar, diharapkan even tahunan ini semakin diminati peserta maupun masyarakat yang datang untuk menyaksikannya.

"Buktinya antusias peserta dan masyarakat sangat tinggi untuk meningkatkan even ini, bahkan peserta semakin banyak dan datang dari berbagai daerah Kepri dan Riau," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Jebat Batam juga menggelar bazar dengan menawarkan 1.250 paket sembako murah kepada masyarakat di Kampung Melayu Batu Besar, dalam waktu sebentar saja ribuan paket sembako habis diserbu masyarakat yang sangat membutuhkannya.

Senada dengan Wak Leng, Sekretaris Umum Jebat Batam, Adi Juremi, mengatakan, partisipasi Jebat dalam lomba Jong dan bazar paket sembako murah ini merupakan bagian rangkaian kegiatan dan road show Jebat Batam di tahun 2013.

"Kegiatan ini adalah bagian dari agenda Jebat Batam di tahun 2013 ini. Selain memperkenalkan budaya daerah, kami juga memberikan paket sembako murah sebagai bentuk sosial untuk membantu masyarakat," kata Adi.

Tak hanya membantu masyarakat sekitar dengan menawarkan paket sembako, Jebat Batam juga memberikan suprise kepada peserta lomba Jong, yang tak sengaja memiliki nama yang sama yakni Jebat.

"Ini adalah suprise dari kami kepada kedua tim, sebab keduanya memiliki nama yang sama yakni Jebat. Tak ada rekayasa sebelumnya dan karena kebetulan itu, akhirnya kami memberikan penghargaan kepada keduanya," terang Adi.

Adapun kedua tim tersebut berasal dari tempat yang berbeda, yakni tim tuan rumah Batu Besar dan tim dari Selat Nenek, Temoyong, Tanjungbalai Karimun.

Even lomba Perahu Jong ini sendiri ditutup dengan panggung hiburan dari komunitas seni Pancaran Senja, Batu Besar dengan menampilkan Joget Dangkung dan tari 60'an untuk menghibur malam akhir pekan warga sekitar.

Editor: Dodo