Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puskemas Tarempa akan Naik Status Jadi RS Pratama
Oleh : Emmi Wati
Jum'at | 01-03-2013 | 20:51 WIB
Wakil-Bupati-Anambas,-Abdul-Haris-SH.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris. (Foto: Emmi/batamtoday)

ANAMBAS, batamtoday - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tarempa dalam waktu dekat akan naik kelas menjadi Rumah Sakit Pratama. Hal ini dilakukan melihat kondisi geografis di Siantan dan jumlah kepadatan penduduk sudah layak mendapatkan peningkatan pelayanan kesehatan.

"Tarempa merupakan ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas dan penduduknya lumayan padat, jadi sudah sewajarnya berdiri di sini rumah sakit,"ujar Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris kepada wartawan, usai membuka Rakor dan Konsultasi Dinas Kesehatan di Anambas Inn, Jumat (1/3/2013).

Abdul Haris juga menambahkan, jika Puskemas Tarempa menjadi rumah sakit maka di Siantan harus ada Puskesmas penggantinya dan direncanakan akan dibangun di Batu Tambun, Rintis.

Dengan adanya penaikan status menjadi rumah sakit warga Siantan tidak perlu lagi harus berobat ke Rumah Sakit Lapangan Palmatak karena jaraknya lumayan jauh.

"Masyarakat yang membuthkan perawatan tidak perlu lagi nantinya berobat ke Palmatak, jaraknya kan cukup jauh harus menyebrang lagi dari Tarempa," katanya.

Abdul Haris sangat mendukung dengan adanya program dari Dinas Kesehatan untuk meningkatkan status puskesmas menjadi rumah sakit. Secara otomatis jika sudah ada rumah sakit maka dokter atau tenaga medis juga akan ditambah dan prasarananya juga akan dibenahi.

"Kalau rumah sakit harus ada dokter dan dokter spesialis. Hal ini tentunya sangat berguna kepada masyarakat dan nantinya jika sudah menjadi rumah sakit maka perlu penambahan ruang rawat inap dan tentunya didukung dengan peralatan medis yang memadai," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Anambas, Said Moh Damrie menyampaikan rencana peningkatan status Puskesmas Tarempa menjadi Rumah Sakit Pratama untuk meningkatkan pelayan kesehatan bagi masyarakat Siantan. Namun sebelum terjadi perubahan status tersebut Puskemas Tarempa harus ada penggantinya.

"Kita akan bangun dulu puskesmas pengganti puskesmas yang sekarang, baru setelah berdiri maka Puskemas Tarempa akan berubah status menjadi Rumah Sakit Pratama. Jika sudah menjadi rumah sakit maka perlu pembenahan lagi mulai dari tenaga medis hingga ruang inap dan peralatan medis juga harus mendukung. Jadi Masyarakat Siantan yang membutuhkan rawat inap dan perlu bantuan medis sudah ada di Siantan," katanya.

Editor: Dodo