Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meski Mewabah, Belum Ada Pasien Flu Burung di RSUD Batam
Oleh : Berton Siregar
Kamis | 28-02-2013 | 11:02 WIB
RSUD-Embung-Fatimah.gif Honda-Batam
RSUD Embung Fatimah, Batam. (Foto: Gokli/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Mewabahnya virus H5N1 atau flu burung di Batam akhir-akhir ini, ternyata masih belum menular ke manusia. Setidaknya hal itu terlihat dari belum adanya pasien yang terjangkit virus tersebut ke RSUD Embung Fatimah Batam.


Cut Guspida, Humas RSUD Embung Fatimah, mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum ada menerima pasien yang positif tertular virus flu burung.

"Meski demikian, kami tetap waspada dan melakukan antisipasi," kata Guspida, Kamis (28/2/2014). Bentuk antisipasi yang dilakukan pihak RSUD Batam, dengan menyiapkan satu ruangan khusus untuk pasien flu burung.

Seperti diketahui, beberapa hari yang lalu ratusan ekor ayam peliharaan warga mati secara mendadak, tepatnya di RT03/RW09, Kelurahan Duriangkang.

"Penyebab pastinya belum kami ketahui, tapi ayam-ayam itu mati mendadak tanpa ada tanda-tanda mengalami penyakit," kata Suwitno, ketua RT03, Selasa siang.

Sebelum ayam-ayam itu mati, kata Suwitno, awalnya dikerumuni banyak lalat, selang satu atau dua jam setelah itu, ayam tersebut langsung mati.

Ayam yang mati secara mendadak di Duriangkang setiap harinya mencapai ratusan ekor. Sehingga, ada dugaan warga virus flu burung sudah mulai mewabah.

"Warga pada takut, virus flu burung ini mewabah pada masyarakat di Duriangkang. Kami berharap pemerintah dapat memberikan solusi," kata dia.

Editor: Dodo