Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Zulhidayat Akui Ada Tambang Bauksit Ilegal di Tanjungpinang
Oleh : Agus
Rabu | 27-02-2013 | 14:22 WIB
aktivitas-tambang-di-tanjungpinang.jpg Honda-Batam
Aktivitas pemuatan bausit di bawah Jembatan Gugus Sei Carang.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Kabid Pertambangan KP2KE Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, mengakui adanya beberapa lokasi tambang ilegal yang masih beroperasi di Tanjungpinang.


"Menurut informasi yang kita dapat di lapangan, dugaan sementara memang betul ada beberapa lokasi tambang ilegal yang masih beroperasi di kota Tanjungpinang," begitu Zulhidayat kepada batamtoday, Rabu (26/2/2013).

Sayangnya, ketika diminta batamtoday data lokasi tambang ilegal dimaksud, Zul terkesan menutupi dengan alasan masih melakukan kros cek dokumen izin tambang yang bersangkutan.

"Kita sebelum turun ke TKP tambang, harus juga menyertakan pihak Kepolisian, Bea Cukai, Sahbandar, dan istansi lainya sebelum merkomendasikan perusahaan tambang tersebut memiliki izin atau tidak," ujar Zul.

Selain tertutup soal data tambang ilegal tersebut, Kabid Pertambangan KP2KE Kota Tanjungpinang yang ditemui di kantornya ini juga terkesan tertekan dan salah tingkah, saat portal ini mendesak data tambang ilegal dimaksud.

Dari pantauan batamtoday di lapangan, Selasa (26/2/2013), ada dua perusaahaan berbeda yang melakukan pemuatan bauksit ke tongkang berbeda di bawah Jembatan Gugus Sei Carang.

Satu diantaranya diduga milik PT KKBP, dan satu lagi diduga milik persuhaan ilegal yang namanya tidak diketahui. Ketika portal ini berusaha mengkonfirmasi keberadaan aktivitas pemuatan bausit tersebut, tidak ada satu pun pekerja tambang yang bersedia memberikan keterangan.

Hanya saja, sesosok pria Tionghoa yang mengunakan mobil mewah, terlihat dengan tenang memantau jalannya aktivitas pemuatan bauksit ke dalam tongkang dengan mengunakan beberapa lori tersebut.

Editor: Dodo