Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Primer Inggris

Tundukkan West Ham, Spurs Merangsek ke Tiga Besar
Oleh : Dodo
Selasa | 26-02-2013 | 10:05 WIB

LONDON, batamtoday - Tottenham Hotspur sukses memaksimalkan kekalahan Chelsea dari Manchester City akhir pekan lalu dengan menekuk tuan rumah West Ham United 3-2 dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Senin (25/2/2013) malam waktu setempat.

Spurs berhak naik ke peringkat tiga tabel klasemen yang sebelumnya diduduki The Blues dengan koleksi 51 poin, unggul dua dari tim besutan Rafael Benitez. Sementara The Hammers tetap di peringkat 13 dengan 30 angka.

Unggul lebih dulu lewat gol Gareth Bale, West Ham justru mampu membalikkan keadaan melalui Joe Col yang sebelumnya menyamai skor berkat penalti Andy Carroll. Semangat pantang menyerah membuat The Lilywhites berhasil menambah dua gol lainnya dari aksi Gylfi Sigurdson dan Bale di pengujung laga.

Hugo Lloris kembali mendapat tempatnya di bawah mistar gawang, sementara Jan Vertonghen diturunkan sebagai bek kiri dengan Michael Dawson dan Steven Caulker berpasangan di jantung pertahanan.

Main menyerang sejak menit awal, Spurs langsung membuka keunggulan di menit ke-13. Guy Demel melakukan kesalahan saat melakukan passing sehingga membuat Bale menguasai bola dan melepaskan tendangan kaki kiri mendatar yang melesak ke pojok gawang lawan.

Tuan rumah merespons cepat dan menyamakan kedudukan setelah 25 menit pertandingan berjalan menyusul gol ketiga Carroll musim ini. Pemain pinjaman Liverpool itu mendapat hadiah penalti setelah dilanggar Scott Parker di area terlarang. Carroll tanpa membuat kesalahan melesakkan si kulit bundar dari titik 12 pas.

West Ham harus berterima kasih kepada kiper Jussi Jaaskelaien yang beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang sebelum turun minum, salah satu sundulan Caulker.

Pemain asal Finlandia kembali jadi tokoh protagois dengan penyelamatan ganda di menit 56, men-tip tendangan Sigurdsson dan sundulan Emmanuel Adebayor ketika pemain Togo itu berusaha memanfaatkan bola rebound.

Dua menit kemudian skuat Sam Allardyce berbalik unggul. Joey O'Brien melepaskan long pass kepada Cole, yang dengan tenang melakukan kontrol bola kemudian mengarahkannya ke tiang jauh dari sudut sempit.

14 menit sebelum laga berakhir dalam waktu normal Tottenham menyamakan kedudukan menyusul kesalahan para pemain West Ham. Tuan rumah gagal mengantisipasi tendangan bebas Bale dari sisi kanan dan setelah bola berada di area penalti Sigurdsson dengan cepat menyambarnya dari jarak dekat.

Bale akhirnya menjadi penentu kemanangan di menit 90, tendangan keras kaki kirinya membuat Jaaskelainen tak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan gawang.

Sumber: Goal.com