Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gantikan Darmin Nasution

Pemerintah Calonkan Menkeu sebagai Gubernur BI
Oleh : si
Minggu | 24-02-2013 | 09:25 WIB
Agus_Martowardoyo1.jpg Honda-Batam
Menteri Keuangan Agus Martowardojo.

JAKARTA, batamtoday - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah mengatakan, pemerintah mencalonkan Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI), karena pengalaman dan hubungan baik yang bersangkutan dengan berbagai lembaga keuangan lokal serta internasional.


"Alasan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencalonkan Agus Martowardojo, antara lain karena sudah memiliki pengalaman yang cukup luas dalam bidang perbankan, dan juga mempunyai perhatian yang cukup intens terhadap sektor riil," kata Firmanzah di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, tambah dia, Agus Martowardojo juga memiliki hubungan dan koordinasi yang baik dengan lembaga keuangan lainnya. Hubungan baik itu, kata Firmanzah, juga terjalin dengan lembaga keuangan dunia seperti Bank Dunia.

"Dalam situasi krisis ekonomi dunia seperti sekarang ini dalam rangka kerja sama internasional hubungan baik dengan lembaga keuangan dunia itu menjadi hal yang harus diperhatikan, apalagi Indonesia sebagai anggota G-20," katanya.

Sebagai Menteri Keuangan Agus Martowardojo, tambah Firmanzah, juga dinilai telah berhasil menjaga fiskal dengan baik.

Menurut Firmanzah dalam menetapkan calon Gubernur BI  yang akan menggantikan Gubernur BI sekarang Darmin Nasution, tentu Presiden meminta pendapat dari berbagai pihak diantaranya Wapres Boediono dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Sumber : Antaranews