Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sosialisasi Rencana Bisnis Tahun 2013

LPDP-KUMKM Kucurkan Dana Rp 100 Miliar untuk Kepri
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 21-02-2013 | 13:23 WIB
LPDB.jpg Honda-Batam
Direktur Utama LPDB-KUMKM Ir Kemas Danial MM saat memberikan materi dalam Sosialisasi Rencana Bisnis Tahun 2013. (Foto: Hendra/btd)

BATAM, batamtoday - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Negara Koperasi dan UKM mengucurkan dana sebesar Rp100 miliar untuk Provinsi Kepri di tahun 2013 ini.

Demikian disampaikan Direktur Utama LPDB-KUMKM Ir Kemas Danial MM dalam sosialisasi penyaluran dana bergulir tahun 2013, LPDP-KUMKM yang diselenggarakan di Hotel GGI Batam, Kamis (21/2/2013) siang dihadapan 300 pelaku Koperasi dan UKM se-Provinsi Kepri.

"Tahun 2013 ini kami dari LPDP-KUMKM mengucurkan dana sebesar Rp 100 miliar bagi pelaku Koperasi dan UKM se-Provinsi Kepri," kata Kemas kepada batamtoday usai acara sosialisasi tersebut.

Dijelaskannya, realisasi penyaluran pinjaman LPDB-KUMKM di Provinsi Kepri per tanggal 19 Februari 2013 mencapai Rp1,17 miliar kepada sebanyak 3 mitra, dan untuk penyaluran dana bergulir di Provinsi Kepri ditargetkan mencapai Rp20,87 miliar kepada 1.183 UMKM melalui 8 mitra.

Sedangkan untuk alokasi LPDB-KUMKM Kementerian Negara Koperasi dan UKM mengucurkan dana sebesar Rp 1,9 triliun untuk secara nasional di tahun 2013, dan akan dibagikan sesuai pertumbuhan koperasi yang terdapat di daerah di Indonesia.

"Pertumbuhan koperasi secara nasional yang tertinggi masih di daerah Jawa. Untuk Kepri masih sangat minim dan tak mencapai Rp10 miliar pada tahun 2012 lalu," kata dia.

Pihaknya menantang Provinsi Kepri dengan menggelontorkan dana sebesar Rp100 miliar pada tahun 2013 ini, dan ditujukan kepada pelaku Koperasi dan UKM se-Provinsi Kepri yang akan menjalankan usaha mereka.

"Kami menantang pelaku Koperasi dan UKM di Kepri apakah berani mengambil kesempatan ini, jika memang hasilnya bagus tak menutup kemungkinan akan kita tambah di pertengahan tahun nanti," ujarnya.

Kemas menghimbau kepada pelaku Koperasi dan UKM di Kepri untuk berani mengajukan proposal kepada LPDB-KUMKM sebab bunga yang ditawarkan juga sangat kecil dan membantu mereka dalam memperoleh modal dalam melakukan usaha.

"Para pelaku usaha yang memiliki kegalitas hukum yang kuat dan memiliki jaminan sesuai persyaratan maka dengan mudah memperoleh kucuran dana dari kami," katanya.

Hadir dalam kegiatan ini, Asisten II Pemko Batam Suzairi, Kadis UKM Batam Febrialin, Kabiro Ekonomi Pemprov Kepri Chris Triwinasis dan pelaku Koperasi dan UKM se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Editor: Dodo