Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musrenbang Desa Sri Tanjung, Prioritaskan Atasi Kelangkaan Air Bersih
Oleh : Emmi
Kamis | 21-02-2013 | 09:35 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Untuk pertama kalinya Desa Sri Tanjung melakukan Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) desa, sejak dimekarkan pada tahun 2012 silam. Dalam Musrenbang tersebut, warga sepakat untuk memprioritaskan penanggulangan kelangkaan air bersih untuk warga.


"Pada Musrenbang desa yang kita gelar kemarin, seluruh peserta rapat setuju jika usulan dari dasa kita prioritaskan penanggulangan air bersih. Jadi hasil rapat ini akan kita bawa ke Musrenbang kabupaten nantinya," ujar Kepala Desa Sri Tanjung, Fadli Efirizal, kepada wartawan, Rabu (20/2/2013).

Fadli juga menambahkan, pendistribusian air selama ini di 2 RW dan 4 RT sudah berjalan dengan baik. Namun jika musim kemarau air masih belum mencukupi untuk seluruh warga, walaupun PNPM beberapa waktu lalu telah membangun waduk.

"Kondisi waduk di Tanjungbaru itu sudah tidak terawat lagi, airnya sering macet-macet lalu pipanya juga sudah banyak yang rusak," kata Fadli.

Dalam Musrenbangdes tersebut warga mengusulkan agar memaksimalkan penggunaan waduk agar seluruh warga desa dapat menikmati air bersih, walaupun pada musim kemarau. Pihaknya memprioritaskan pembenahan waduk mulai dari perbaikan pipa dan membenahi saluran pipa air.

"Ketika selesai dibangun, waduk tersebut tidak diserahkan kepada desa, tapi kepada perseorangan. Sehingga pengelolaannya jadi tidak maksimal dan waduk tersebut terbengkalai dan akhirnya tidak terpakai," ujarnya lagi.

Sebagai kepala desa, Fadli akan memperjuangkan aspirasi warganya pada Musrenbang Kabupaten nantinya. Dirinya berkomitmen masalah air merupakan kebutuhan masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

"Usulan ini akan saya perjuangkan semaksimal mungkin pada Musrenbang Kabupaten nanti. Saya berharap kalau ini diterima, maka masyarakat desa Sri Tanjung tidak akan kekurangan air lagi," ungkapnya.

Editor: Dodo