Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternak Walet di Batuaji Tuai Protes Warga
Oleh : Berton Siregar
Rabu | 20-02-2013 | 10:29 WIB
ternak-walet....jpg Honda-Batam
Ruko di Batuaji yang digunakan untuk beternak walet. (Foto: Berton/btd)

BATAM, batamtoday - Warga sekitar ruko Fanindo, Batuaji memprotes aktivitas ternak burung walet yang menggunakan salah satu unit ruko di lokasi tersebut, Rabu (20/2/2013).

Ujang Karimuddin, warga yang tinggal di belakang ruko tersebut mengeluhkan suara burung walet yang muncul dari pengeras suara di lantai III ruko.

"Suaranya memekakkan telinga. Sudah berulang kali warga di sini memrotes ternak walet itu tapi tak ada tindakan dari yang aparat berwenang," kata Ujang.

Ujang menyebutkan ruko tersebut tidak diketahui siapa pemiliknya. Namun sesekali dalam beberapa hari, terlihat orang yang mengecek ternak walet itu.

"Orang itu mengecek hanya sebentar. Kalau melihat gelagat warga mau mempertanyakan aktivitas ternak walet itu, dia langsung kabur," kata dia.

Sementara di lantai bawahnya, kata Ujang, digunakan beberapa orang tinggal. Namun saat ditanya, mereka juga tak tahu menahu tentang ternak walet itu.

Bersama warga lainnya, Ujang mengaku pernah mempertanyakan hal itu ke perangkat RT/RW setempat, namun tak ada tindak lanjut.

"Kami nanti akan tanyakan ke kelurahan, kenapa bisa ada ternak walet di ruko itu," ujarnya.