Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemprov Kepri akan Bangun Jalan Lingkar Hubungkan Tanjungpinang-Bintan
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 19-02-2013 | 16:51 WIB
rakor-jaling.jpg Honda-Batam
Rapat koordinasi Gubernur dan Wagub Kepri bersama Bupati Bintan dan Wali Kota Tanjungpinang membahas rencana pembangunan jalan lingkar Bintan-Tanjungpinang. (Foto: Charles/btd)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Pemerintah Provinsi Kepri mewacanakan pelaksanaan pembangunan jalan lingkar untuk menghubungkan Tanjungpinang dan Bintan dari Jalan Sunaryo depan Ramayana, Masjid Raya Dompak, Jembatan II Pulau Dompak, Desa Kelam Pagi ke arah Km 14 Jalan Kijang.

Selanjutnya, dari arah Bintan, Jalan Lintas Barat Km 16 akan menghubungkan jalan ke arah utara Tanjungpinang, melalui Jalan Tembeling hingga ke Kampung Mansur menuju Kampung Madong Kampung Bugis hingga ke daerah Pinang Marina.

Wacana itu terungkap dalam rapat koordinasi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri HM. Sani dan Soerya Respationo bersama Bupati Bintan, Ansar Ahmad dan Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah di Kantor Gubernur Kepri Dompak, Selasa (19/2/2013).

Sani mengatakan, keberadaan jalan lingkar ini, nantinya akan menjadi jalur yang menghubungkan Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan serta Pulau Dompak.
 
Jalan lingkar ini, kata HM.Sani, nantinya akan menjadi jalan alternatif yang mengkoneksikan Tanjungpinang dan Bintan, di samping, jalan lintas barat hingga Kilometer 42 Bintan

“Untuk merealisasikan pelaksanaan pembangunan jalan ini, tentu perlu komitmen dari semua pihak khususnya Bupati Bintan dan Wali Kota Tanjungpinang untuk mewujudkan jalan lingkar tersebut,” kata Sani.

Dalam tahap awal, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri, akan mereklamasi pembuatan jalan dari Gedung Daerah ke arah Tugu Pensil.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dan Bupati Bintan, Ansar Ahmad menyambut baik rencana pelaksanaan pembangunan jalan lingkar tersebut. Kedunya berkomitmen akan mendukung pelaksanaan pembangunan jalan lingkar itu untuk memudahkan akses masyarakat.

Dengan adanya jalan lingkar tersebut, diharapkan nantinya akan membuka akses jalan bagi masyarakat Bintan dan Tanjungpinang. Tak hanya itu, dengan adanya jalan tersebut, akan sangat membantu program pariwisata di kedua wilayah.

Editor: Dodo