Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musim Utara Belum Berakhir

Masyarakat Anambas Diminta Waspadai Gelombang
Oleh : Emmi
Senin | 18-02-2013 | 18:52 WIB
Kepala-BMKG-Tarempa,-Anggri.gif Honda-Batam
Kepala BMKG Tarempa Anggriono. (Foto: dok.batamtoday)

ANAMBAS, batamtoday - Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas diminta tetap mewaspadai gelombang apabila hendak berlayar. Gelombang tinggi masih bisa terjadi namun di tempat tertentu karena musim angin utara belum berakhir.

"Untuk saat ini memang gelombang di wilayah kita tergolong rendah antara 2 meter hingga 2,5 meter. Namun untuk wilayah Utara Natuna saat ini masih tergolong tinggi yakni 3 meter hingga 3,5 meter," ujar Kepala BMKG Tarempa Anggriono kepada batamtoday, Senin (18/2/2013).

Anggriono juga menambahkan, untuk ketinggian gelombang sesuai dengan data BMKG hanya berkisar 2 meter sampai 2,5 meter. Sementara untuk kecepatan angin mencapai 10 sampai 15 knot per jam.

"Untuk hari ini hingga besok cuaca masih normal namun berawan dan tidak tertutup kemungkinan hujan ringan di beberapa titik di wilayah Anambas. Terjadinya curah hujan karena ada tekanan udara dan pertumbuhan awan di wilayah Kepri," katanya.

Dengan kondisi seperti ini, kata Anggriono kapal ferry VOC mapun Seven Star masih bisa berlayar namun perlu waspada karena perubahan cuaca tidak selamanya normal.

"Kalau cuaca seperti ini kapal ferry masih bisa berlayar namun perlu waspada karena perputaran angin bisa saja terjadi sewaktu-waktu karena saat ini masih musim Utara. Namun kita prediksikan awal Maret cuaca baru normal kembali," katanya.

Editor: Dodo