Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KP2K Batam Belum Bisa Pastikan Kapan Pemusnahan Unggas Dilakukan
Oleh : ron/dd
Sabtu | 16-02-2013 | 11:13 WIB
flu_burung.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Kabid Peternakan Dinas Kelautan, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (KP2K) Pemko Batam belum bisa memastikan kapan akan dilakukan pemusnahan unggas yang terjangkit flu burung di Kelurahan Air Raja, Kecamatan Bulang. Pasalnya, masih akan dilakukan peningkatan rincian penelitian.

"Kalau sudah terinfeksi penyakit, (unggas) harus dimusnahkan, tapi kita akan meningkatkan rincian penelitiannya. Jadi kita belum bisa pastikan kapan pemusnahannya," kata Sri Yunelli, Kabid Peternakan Dinas KP2K, Sabtu (16/2/2013).

Yunelli menjelaskan, saat ini wilayah di Batam yang terjangkit flu burung di Kelurahan  Air Raja dan di Sei Temiang, Tanjung Riau. Ribuan ekor unggas berupa ayam tersebut kini telah dikubur oleh warga.

"Yang sakit di Air Raja kemungkinan akan dimusnahkan semuanya. Kalau yang di Sei Temiang, Tanjung Riau saat ini di spot saja, pemusnahan tidak sampai radius 1 kilometer karena yang mati hanya 200 ekor," ujarnya.

Ketika ditanya tentang terjadinya kematian ayam di Seibeduk dengan jumlah yang cukup banyak, Yunelli mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan.

"Temuan ayam mati di Seibeduk akan kita cek dan lakukan penelitian," kata Yunelli