Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belasan Ribu Kendaraan Plat X di Batam Belum Lakukan Registrasi
Oleh : ali/dd
Rabu | 13-02-2013 | 11:34 WIB

BATAM, batamtoday - Belasan ribu kendaraan eks Singapura atau plat X di Batam terdeteksi belum melakukan registrasi ke Z.

Data dari Sub Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Subdit Regident) Direktorat Lalulintas Polda Kepri diketahui total kendaraan mobil mewah berplat X terdata sebanyak 42.162 unit, sebanyak 28.173 unit kendaraan yang telah melakukan registrasi.

"Yang sudah registrasi dan beralih dari plat X ke Z baru 67 persen dari totalnya 42.162 unit kendaraan di Batam," ujar Kasubdit Regident Ditlantas Polda Kepri AKBP Andri, kemarin.

Sehingga, jumlah kendaraan yang melakukan registrasi dari plat X ke Z dalam sehari mengalami penuruann dari awal kebijakan diterapkan.

"Saat ini jumlah yang melakukan registrasi sudah tidak banyak lagi, berbeda di awal-awal kemarin," kata dia.

Kendati demikian, pihaknya tetap menyarankan kepada masyarakat yang memiliki kendaraan mewah yang belum teregistrasi agar segera meregistrasikan kendaraannya.

"Tentunya kalau dokumennya lengkap semuanya, tidak ada masalah, untuk melakukan registrasi hanya memakan waktu 2-3 hari," ujarnya.

Menurutnya kendala yang selama ini dihadapi di lapangan, adanya dokumen kendaraan yang datanya dihapus mempergunakan tipe x dan lalu diganti.

Selain itu juga, nomor mesin yang tertera telah dilakukan pengetokan ulang. Hal tersebut yang menjadi kendala, karena perubahan yang dilakukan tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Untuk melaksanakan program tersebut, Samsat Kepri tidak memberikan batas waktu, hingga keseluruhan kendaraan teregistrasi.

"Belum ada batas waktu, kita masih menerima," katanya kembali.