Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunci Kamar Banyak yang Ganda, Penghuni Rusun Tanjungucang Mengeluh
Oleh : kli/dd
Selasa | 12-02-2013 | 12:47 WIB
Rusunwa01.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Kunci kamar Rumah Susun milik Pemko Batam di Tanjunguncang banyak yang ganda. Penghuni pun akhirnya mengeluh lantaran sering kehilangan uang dan barang-barang berharga dari dalam kamar.

Diakui salah satu penghuni, Herlina, kunci kamar miliknya bisa membuka beberapa kamar lain di rusun tersebut. Khusunya di tempat dia tinggal blok A, ada beberapa kamar yang bisa dibuka menggunakan kunci miliknya. Sebaliknya, pemilik kamar lain juga bisa membuka kamarnya dengan kunci kamar penghuni lain tersebut.

Kejanggalan ini terungkap, kata Herlina, karena banyak penghuni yang mengeluh kehilangan uang dan barang-barang berharga dari dalam kamarnya. Namun, tak pernah ditemukan kerusakan ataupun bekas pembongkaran pada pintu kamar.

"Sesama penghuni akhirnya saling curiga, setelah dicek diketahui ternyata ada beberapa kunci yang ganda dan bisa membuka beberapa kamar di rusun ini," kata wanita penghuni blok A itu.

Senada dengan itu, penghuni lain, Agustina, juga membenarkan adanya kunci ganda yang dapat membuka beberapa kamar penghuni rusun.

Karena sudah membuat resah penghuni, akhirnya dia sendiri membuat kunci lain seperti gembok untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dia inginkan.

"Saya sudah tiga tahun di rusun ini, keluhan kehilangan uang maupun barang itu sudah hal yang biasa,"katanya.

Agustina berharap pihak Pemko Batam segera melakukan pembenahan dan mengganti kunci ganda tersebut. Sebab, dikhawatirkan hal itu bisa menimbulkan pertikaian antar sesama penghuni dan mengurangi rasa harmoni yang seharusnya terbina.

"Kalau tak diganti secepatnya, mungkin sesama penghuni akan saling curiga. Pasti perkelahian atau pertengkaran akan terjadi," ujarnya.