Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

150 Karateka Inkai Batam Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat
Oleh : dd
Minggu | 10-02-2013 | 14:45 WIB
ukt-inkai.jpg Honda-Batam
Para karateka cilik Inkai Batam yang mengikuti ujian tingkat di Dojo Griya Permai, Sagulung. (Foto: Dodo/btd).

BATAM, batamtoday - Sebanyak 150 karateka Institut Karate-do Indonesia (Inkai) Kota Batam mengikuti ujian kenaikan tingkat di Dojo Griya Permai, Sagulung, Minggu (10/1/2013).

"Ujian kenaikan ini kami gelar berkala setiap enam bulan sekali dan diikuti oleh seluruh anggota yang tersebar di tujuh dojo," kata dr Asmudji, Ketua Umum Inkai Kota Batam kepada wartawan.

Asmudji menyebut ujian kenaikan tingkat dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas para karateka di Batam, sekaligus memupuk bibit-bibit karateka yang mulai bermunculan.

Tak hanya kalangan senior, namun untuk junior, yang masih anak-anak pun ikut dalam kenaikan tingkat. Ujian tersebut diikuti oleh karateka kyu 10 hingga 9 untuk mendapatkan sabuk kuning, Kyu 8 hingga tujuh untuk sabuk hijau, Kyu 6 hingga 4 untuk sabuk biru dan Kyu 3 hingga 1 untuk sabuk cokelat. Sementara dari Kyu 1, ada yang mengikuti ujian untuk mendapatkan predikat Dan 1 sabuk hitam.

Para penguji yang diturunkan dalam uji kenaikan tingkat ada 10 penguji, dengan tingkatan beragam, dari Dan 1 hingga Dan 6, yang dipegang oleh Sensei Usman Ahmad.

"Materi yang diujikan antara lain pemahaman mengenai Inkai dan tentunya juga mengenai tehnik bela diri," kata Asmudji.

Dia mengharapkan melalui ujian kenaikan tingkat kali ini dapat meningkatkan eksistensi karateka Inkai di percaturan olahraga beladiri karate di Kepri, mengingat selama ini Inkai tak pernah absen mengirimkan atlitnya dalam kejuaraan berskala regional maupun nasional.