Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bocor, KM Labalano Kandas di Pelabuhan Batu Ampar
Oleh : hz/dd
Sabtu | 09-02-2013 | 13:43 WIB
kapal-karaam-berton.jpg Honda-Batam
KM Labalano yang kandas di Pelabuhan Batu Ampar akibat bocor. (Foto: Berton/btd).

BATAM, batamtoday - Kapal Motor (KM) Labalano berbendera Indonesia bermuatan semen bag (kantong), yang diageni PT BSP kandas di dermaga utara Pelabuhan Bongkar Muat Batu Ampar, Jumat (8/2/2013) sore. Diduga kapal ini bocor sehingga kemudian kandas, namun tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kabag TU Kantor Pelabuhan (Kanpel) Batam, Bambang Sutrisna mengatakan pihaknya kini sedang melakukan pemasangan oil boom oleh KN Trisula, bantuan dari Armada PLP Tanjung Uban, untuk mencegah terjadi pencemaran minyak dari kapal.

"Tim di lapangan sedang melakukan pemasangan oil boom supaya tak terjadi pencemaran minyak dari kapal," kata Bambang kepada batamtoday, Sabtu (9/2/2013).

Bambang menambahkan, selain melakukan pemasangan oil boom, petugas sedang mencari tahu penyebab kebocoran kapal dengan bekerjasama dengan KPLP dan tim penyelam.

"Tim masih mencari tahu dimana penyebab kebocorannya kapal," lanjutnya.

Sementara itu, Anto, salah seorang petugas pengisian air di Pelabuhan Batuampar, kondisi kapal ketika masuk pada Jumat pagi dalam keadaan normal, pihak perusahaan bongkar muat (PBM) sempat membongkar sebagian muatannya.

"Kemarin pagi sudah ada sebagian muatan yang dibongkar, namun sore air mulai masuk sehingga kapal ini kandas," katanya.

Pantauan batamtoday, air laut di Pelabuhan Batu Ampar telah menggenangi di separuh palka di kapal tersebut

Petugas KN Trisula bantuan dari armada PLP Tanjunguban sedang melakukan pemasangan oil boom dan telah menyiapkan tim penyelam untuk menyelidiki kebocoran kapal.