Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kecamatan Nongsa Gelar STQ Menuju MTQ Kota Batam
Oleh : ali/dd
Jum'at | 08-02-2013 | 15:06 WIB
STQ-Kecamatan-Nongsa.jpg Honda-Batam
STQ Kecamatan Nongsa.

BATAM, batamtoday - Kecamatan Nongsa menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) pada Kamis (7/2/2013) dan dibukan langsung oleh Wakil Wali Kota Batam, Rudi.

Camat Nongsa, John Hendri mengatakan, dibukanya STQ bertujuan untuk mengumpulkan kafilah-kafilah terbaik guna bertanding MTQ tingkat Kota Batam.

"Sesuai namanya, STQ ini merupakan ajang seleksi untuk bertanding di tingkat kecamatan. Target kami peringkat kedua pada MTQ tingkat Kota Batam," ujarnya.

Menurut John Hendri, kafilah-kafilah yang terpilih nantinya akan dibina dan dilaksanakan pemantapan agar mencapai target menjadi juara kedua dalam MTQ kota Batam mendatang.

"Usai STQ kecamatan ini, yang terpilih akan kita bina dan lakukan pemantapan lagi untuk tingkat kota Batam," kata John Hendri kembali.

Dalam ajang STQ ini, digelar dalam dua cabang, diantaranya tilawah dan tartil. Untuk cabang tilawah, dibagi menjadi tiga tingkatan, diantaranya  anak- anak sebanyak 8 orang peserta, remaja sebanyak 9 orang peserta dan tingkat dewasa sebanyak 9 orang peserta. Sementara itu untuk cabang tartil anak-anak diikuti sebanyak 8 orang peserta.

Selain itu, terdapat juga lomba kasidah yang diikuti oleh masing- masing perwakilan dari setiap kelurahan dengan total 4 grup.

Untuk tahapan seleksi, penyelenggara mempersiapkan total 23 orang dewan hakim yang secara keseluruhan merupakan warga Kecamatan Nongsa yang sudah sangat ahli di bidangnya masing- masing.

Sementara itu, Rudi menyampaikan salah satu tujuan pelaksanaan STQ kecamatan adalah seleksi dan peserta terbaik akan diikutsertakan di tingkat Kota Batam.

"Yang paling terpenting adalah agar anak- anak memahami Alquran. Kita ingin anak- anak kita memahami Alquran tidak hanya sekedar bisa membaca tetapi juga memahami," katanya.