Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggaran Pembenahan TPA Punggur Capai Rp1,6 T

Sampah di Batam akan Dikelola Menjadi Bahan Bakar Industri
Oleh : ron/dd
Kamis | 07-02-2013 | 17:39 WIB

BATAM, batamtoday - Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, Suleman Nababan mengatakan untuk pembenahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Punggur serta pengolahanan sampah menjadi bahan bakar (bricket) untuk industri.

"Anggaran yang kita butuhkan itu antara Rp600 miliar hingga Rp1,6 triliun untuk pengelolaan sampah. Tapi tergantung mana yang mau kita gunakan, buat listrik untuk industri atau untuk TPA sendiri," kata Suleman kepada wartawan usai rapat dengar pendapat di Komisi I DPRD Kota Batam, Kamis (7/2/2013).

Suleman menyebut untuk proses pengolahan sampah menjadi bricket atau bahan bakar di kawasan industri masih dalam pembahasan di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Prosesnya saat ini masih dalam pembahasan di Bappenas," ungkapnya.

Suleman juga menyebut bahwa sampah yang dikelola di TPA Punggur saat ini sudah ada sekitar satu juta ton sampah. Sementara per hari, pihaknya dapat mengangkut seribu ton sampah rumah tangga dan sejenis rumah tangga.

"Kedua jenis sampah ini yang akan diolah menjadi bahan bakar industri," ungkapnya.

Saat ditanyakan kapan hal tersebut bisa dilakukan, Suleman mengatakan masih belum tahu. Pasalnya harus mengikuti proses dan tahapan-tahapan yang ditentukan.