Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Buruk, Pesawat Lion Air Rute Jakarta-Pekanbaru Mendarat Darurat di Hang Nadim
Oleh : ali/si
Rabu | 06-02-2013 | 08:52 WIB

BATAM,  batamtoday - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Selasa (5/2) petang menerima pendaratan darurat pesawat Lion Air Boeing 737-900ER dengan nomor penerbangan JT-292 dari Jakarta tujuan Pekanbaru.


Pilot tidak berani mendaratkan pesawat Lion Air karena terjadi cuaca buruk di sekitar Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Riau.

Pilot Lion Air kemudian mengubah haluan dan mengarahkan pendaratan ke Batam, setelah sempat berputar-putar di langit Pekanbaru. Tepat pukul 16.26 WIB, pesawat yang mengangkut 217 penumpang itu, akhirnya mendarat di Bandara Hang Nadim.

Kabag Umum dan Keuangan Internasional Hang Nadim Suwarso mengatakan, Bandara Hang Nadim karap didarati pesawat tujuan Pekanbaru karena cuaca buruk. Bahkan pesawat tujuan Singapura pun sering melakukan pendaratan darurat di Batam.

"Karena cuaca buruk, pesawat tidak mungkin didaratkan di Pekanbaru. Akhirnya pesawat itu mendarat di Hang Nadim menunggu cuaca di Pekanbaru membaik," kata Suwarso.

Menurut Suwarso, setelah melakukan pendaratan darurat di Batam, pesawat Lion Air sempat menunggu selama dua jam sambil menunggu cuaca di Pekanbaru membaik dan ijin terbang dari pengelola Hang Nadim. Selama dua jam itu, seluruh penumpang menunggu di dalam pesawat dan tidak diijinkan turun ke ruang tunggu bandara. 

Pada pukul 18.24 WIB, pesawat Lion Air yang membawa 217 penumpang rute Jakarta-Pekanbaru itu, akhirya diijinkan terbang ke Pekanbaru, setelah cuaca di sekitar Bandara Syarif Kasim II membaik.

"Pesawat hampir dua jam menunggu di Hang Nadim sebelum mendapat izin terbang ke Pekanbaru pada sekitar pukul 18.24 WIB setelah cuaca disana membaik. Penumpang hanya di dalam pesawat. Tidak turun ke ruang tunggu bandara," katanya. 

Berdasarkan informasi pesawat Lion Air Boeing 737-900ER dengan nomor penerbangan JT-292 dari Jakarta tujuan Pekanbaru akhirnya berhasil mendarat di Bandara Syarif Kasim II Pekanbaru pada pukul 19.00 WIB, molor dari jadwal semula sekitar pukul 16.00 WIB.